PENDAMPINGAN DAN SOSIALISASI ALAT VACUUM SEALER DALAM USAHA PENINGKATAN UMKM LOMPYA DULEG DI DESA GATAK KLATEN

Divanda Sekar Rahayu Ningtyas, Waskito Widi Wardojo

Abstract

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 70 Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan upaya nyata dalam pengabdian masyarakat dengan melakukan pendampingan dan sosialisasi alat vacuum sealer dalam upaya peningkatan UMKM Lompya Duleg di Desa Gatak, Klaten. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan dukungan teknis dan sosialisasi penggunaan alat vacuum sealer kepada para pelaku UMKM Lompya Duleg di Desa Gatak. Kelompok KKN 70 UNS menggunakan pendekatan partisipatif untuk menemukan kebutuhan, memberikan pelatihan, dan memandu dalam penerapan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas dan daya tahan produk. Diharapkan bahwa inisiatif ini akan membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal menjadi lebih kompetitif di pasar yang semakin kompetitif, serta memberikan efek positif pada ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Gatak secara keseluruhan.

Full Text:

PDF

References

Daman A. A. A., Hendrowati W., Saputra A. K., Nurahmi L. 2021. “Penerapan Teknologi Vacuum Seal untuk Meningkatkan Daya Tahan Produk Olahan Ikan di Sentra Ikan Bulak”. Sewagati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3):257–268.

Mustofa, Amin. 2022. “Klaten Kilas Informasi”. Majalah Media nformasi Kabupaten Klaten. Edisi VII.

Pantastico, E.R.B. 1989. “Fisiologi Pasca Panen”. Terjemahan. Kamariyani. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Saadah, Hilmatus. 2020. “Lama Waktu Pemanasan Terhadap Sifat Fisik, Kimia, Dan Sensori Lompya Basah Kemas Non Vakum Selama Penyimpanan Suhu Ruang”. Skripsi. Program Studi S-1 Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang

Suhelmi, M. 2007. “Pengaruh Kemasan Polypropylene Rigid Kedap Udara Terhadap Perubahan Mutu Sayuran Segar Terolahan Minimal Selama Penyimpanan”. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. (tidak dipublikasikan).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.