Sosialisasi Pemasaran Digital Pada UMKM “Mukena Batik Ayu Production” Sukoharjo dalam Meningkatkan Penjualan

Tira Nur Fitria, Indra Lila Kusuma

Abstract

Mukena adalah salah satu contoh produk UMKM rumahan yang dapat memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka. Dengan memahami tantangan dan mengembangkan strategi yang tepat, UMKM mukena dapat tetap relevan dalam persaingan pasar yang semakin ketat dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui kegiatan sosialisasi pemasaran digital, diharapkan UMKM mukena dapat memahami pentingnya pemasaran digital dan meningkatkan penjualan mereka di era digital saat ini. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelaku UMKM Mukena Ayu Production tentang pentingnya pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan produk mereka. Melalui kegiatan sosialisasi yang melibatkan metode ceramah dan diskusi, tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang konsep dasar pemasaran digital, strategi efektif, dan alat-alat yang dapat digunakan dalam pemasaran online kepada pelaku UMKM tersebut. Tantangan utama dalam pemasaran digital UMKM mukena termasuk persaingan yang ketat, visibilitas terbatas, manajemen waktu dan konten, serta fokus penjualan eceran dan grosiran di rumah. Untuk mengatasi tantangan ini, pelaku UMKM perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Beberapa strategi pemasaran digital yang dapat diterapkan oleh UMKM mukena termasuk merencanakan jadwal posting yang konsisten, memilih konten yang menarik, memanfaatkan fitur-fitur seperti Stories dan Reels, atau melakukan sesi live. Sekain itu, pelaku UMKM dapat mengoptimalkan penggunaan platform online lainnya seperti Shopee, dan TikTok untuk memperluas jangkauan produk mereka dan meningkatkan penjualan.

Full Text:

PDF

References

Aminah, S., & Budiman, M. A. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Mukena Icaima_Official Martapura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (Ekobis-DA), 3(02). https://doi.org/10.58791/ekobis.v3i02.424

Dewi, M. W., Kusuma, I. L., Kristiyanti, L. M. S., Fitria, T. N., & Budiyono, B. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Tasikmadu Karanganyar. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4304

Dewi, N. P. N. C., & Nasution, D. A. D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi UMKM Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar, 1(3), 566–577.

Fahira, D. N., Agustina, E., & Qurhtuby, M. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 63–68. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1958

Fithri, D. L., Utomo, A. P., & Nugraha, F. (2017). Pemanfaatan E-Commerce Populer Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada Kube Bordir Kurnia Desa Demangan Kudus. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 819–824. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1622

Harahap, B., Hasibuan, E. H., Rambe, A., Singarimbun, R. N., & Syahputra, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 di Masjid Muhammad Jayak. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v2i2.64

Lailia, V. R., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(2), 01–10. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i2.161

Prasetyo, D. D., & Wulandari, A. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Mukena Fathiya Cimahi 2018. eProceedings of Applied Science, 4(3). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/7131

Sholikhatin, S. A., Fitrianingsih, W., & Fujiyanti, F. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Bagi Komunitas Digital Marketer Purwokerto. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1323–1327. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10360

Yuniarti, Y. (2018). Pengembangan Usaha Mukena Aini Kota Bandung. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.