Pengenalan & Pelatihan Tes TOEFL (Test of English as Foreign Language) bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia

Authors

  • Tira Nur Fitria ITB AAS Indonesia, Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Pengenalan & Pelatihan Tes TOEFL (Test of English as Foreign Language) bagi Mahasiswa diberbagai Perguruan Tinggi di Indonesiaâ€. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman mendasar bahkan mendalam tentang tes TOEFL dan juga memberikan pelatihan praktis kepada mahasiswa agar mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes TOEFL nantinya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 secara online (melalui webinar nasional) menggunakan Zoom Meeting dan Live Streaming YouTUBE. Peserta kegiatan ini terdiri dari 120 peserta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Pada pelaksanaannya, narasumber memberikan penjelasan mendalam mengenai 1) pengertian tes TOEFL, 2) tujuan tes TOEFL, 3) jenis tes TOEFL yang mencakup Listening, Reading dan Structure and Written Expression termasuk format, struktut dan jenis pertanyaan, jumlah soal, contoh soal dan strategi menjawab soal dengan tepat. Narasumber memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya tes TOEFL dalam konteks pendidikan tinggi dan peluang karir di masa depan. Selanjutnya, narasumber mendorong interaksi antara peserta agar dapat berbagi pengalaman, tantangan, dan strategi dalam menghadapi tes TOEFL. Narasumber juga memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya langsung kepada narasumber tentang materi atau hal-hal yang memerlukan penjelasan tambahan. Lalu, narasumber menunjukkan dan memberikan contoh-contoh soal dan strategi menjawabnya dengan benar, serta cara efektif dalam membaca, mendengarkan, dan menjawab pertanyaan dalam tes TOEFL. Selanjutnya, narasumber merangkum hasil-hasil yang dicapai selama kegiatan dan memberikan pesan penutup serta ucapan terima kasih kepada semua peserta dan pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.Diharapkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan manfaat yang maksimal bagi peserta (mahasiswa) dalam mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL.

References

Budiharto, A., Zumam, W., Yazunka, Z. W., & Fatahillah, I. S. (2024). Pelatihan TOEFL Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Madura. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 176–181. https://doi.org/10.55606/nusantara.v4i1.2168

Fitria, T. N. (2021a). An Analysis of the Students’ Difficulties in TOEFL Prediction Test of Listening Section. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 5(1). http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/english/article/view/2212

Fitria, T. N. (2021b). Students’ Ability in the Structure and Written Expression Section in TOEFL Prediction Test. Celtic : A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 8(2), 152–163. https://doi.org/10.22219/celtic.v8i2.16373

Fitria, T. N. (2022). An Analysis of the Students’ Difficulty in Reading the TOEFL Prediction Test. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 23(2), 110–123. https://doi.org/10.24036/komposisi.v23i2.116291

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes TOEFL (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum. BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., Elshifa, A., Gulam, H., Firdausy, M. S., Azmi, M. A., Anwar, M. T., & Putri, N. A. (2023). Pendampingan Mengerjakan Soal TOEFL Bagi Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran ITSNU Pekalongan. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 54–64. https://doi.org/10.35931/ak.v3i1.2189

Sembiring, L., Rullyanti, M., & Pradana, A. (2021). Pelatihan TOEFL Untuk Mahasiswa English Club Unived. Jurnal Kewirausahaan & Bisnis, 3(2), 69–72.

Sujarwo, Jubhari, Y., Sasabone, L., Kaharto, & Uleng, B. P. (2022). Pelatihan Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Dan Hasil Test Toefl Pada Mahasiswa Apoteker. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.56854/jphb.v1i1.42

Suningsih, S., Putri, L. A., Putri, R. M., & Sembiring, S. I. O. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris melalui Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 143–149. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i3.1032

Supriadi, & Marpaung, F. D. N. (2024). Pelatihan Test Toefl Kepada Para Siswa Kelas XII SMAN 1 Gebang Kabupaten Langkat Pada Tahun Ajaran 2023/2024. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 3(1), 16–25. https://doi.org/10.52622/jam.v3i1.226

Susylowati, E., Alfisuma, M. Z., Pujiati, T., Za, D. R., & Kurniawan, B. (2022). Pelatihan TOEFL Bagi Mahasiswa Di Pesantren Al-Mashduqie di Kamal Bangkalan. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 282–288. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.93

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Fitria, T. N. (2022). Pengenalan & Pelatihan Tes TOEFL (Test of English as Foreign Language) bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/13752

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>