Pemanfaatan Olahan Pisang Sebagai Tambahan Pendapatan Ibu-Ibu PKK di Desa Keden Kalijambe Sragen
Suhesti Ningsih, Tira Nur Fitria, Maya Widyana Dewi, Mariska Bening Nurcahyani, Tutik Aisah, Rosse Firli Zania
Abstract
Kegiatan ini adalah pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui seminar dan pelatihan pengolahan produk pisang, dilaksanakan pada 13 Mei 2024 di Balai Desa Keden Kalijambe Sragen. Tujuannya adalah meningkatkan keterampilan dan pengetahuan UMKM dalam mengolah pisang serta strategi pemasaran, untuk bersaing lebih baik di pasar lokal bahkan regional. Proses pengumpulan data dimulai dengan identifikasi lokasi dan sasaran, melibatkan masyarakat umum, pelaku UMKM, dan komunitas lokal. Dilakukan observasi langsung terhadap lingkungan, infrastruktur, dan aktivitas masyarakat, serta wawancara dengan tokoh masyarakat dan diskusi kelompok terarah. Hasilnya, dalam bentuk foto, video, dan catatan lapangan, menjadi laporan akhir dari kegiatan pengumpulan data. Pendekatan ini melibatkan penggunaan metode praktek langsung, di mana peserta dapat langsung terlibat dalam proses pengolahan produk pisang dan melihat contoh produk yang sudah jadi. Selain itu, penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti juga menjadi strategi untuk memastikan bahwa peserta dapat menguasai materi dengan baik dan mampu mengaplikasikannya dalam praktik usaha mereka secara efektif. Dosen beserta mahasiswa praktik langsung mengolah keripik pisang bersama masyarakat peserta UMKM. Proses pengolahan mencakup pemilihan, pengupasan, dan pemotongan pisang menjadi irisan tipis, serta perendaman dalam larutan kapur sirih untuk membuat keripik yang crispy. Setelah digoreng hingga keemasan, keripik ditiriskan dan dikemas dalam plastik standing pouch dengan tambahan bubuk perasa makanan. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan nilai jual produk lokal seperti keripik pisang melalui pengolahan yang baik, pengemasan menarik, dan penetapan harga jual yang tepat. Disampaikan juga edukasi strategi pemasaran dan promosi produk, termasuk penggunaan media sosial dan pemasaran online, untuk memperluas jangkauan pasar. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pengelolaan usaha UMKM, memperbaiki kualitas produk, dan memperluas pangsa pasar, serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian lokal melalui pemanfaatan potensi pisang yang melimpah.
References
Dwiyanti, D., & Fauziah, L. (2016). Pemberdayaan UMKM Olahan Pisang di Desa Selomukti Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo Melalui Pemasaran Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 5(2), 189-197.
Hoeruddin., Boy Man. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Manajemen Usaha di Desa Cintalanggeng. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, vol. 2, no. 2. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Mia Ajeng, A. (2018). Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK di Kota Kudus. Journal of Dedicaton Community,2(2): 83-90.
Kelompok 9. (2020). Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM): Sistem Informasi Pengembangan UKM Keripik Pisang di Desa Talang Mulya Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Berbasis Web. Bandar Lampung: Institut Informatika & Bisnis Darmajaya.
Rahmana, A. (2018). Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Prosiding Seminar Nasional Informatika, 1(1).
Suci, Y.R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.
Sulastri, I. M., & Sari, R. D. (2019). Diversifikasi Produk Olahan Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) Menjadi Keripik Pisang dan Kue Sus Pisang. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, 14(2), 117-122.
Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (2022). Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok Pagerwojo I: Pemberdayaan Potensi Wisata dan Alam Desa Pagerwojo Melalui Seminar UMKM dan Pelatihan Olahan Pisang. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.