PERBAIKAN TEKNIS SISTEM PENCATATAN PERSEDIAAN BERBASIS ANDROID DAN STRATEGI PEMASARAN PADA SENTRA PRODUKSI BATU BATA MERAH

Wiwiek Kusumaning Asmoro, Mohamad Arief Setiawan, Novie Astuti Setianingsih, Atik Tri Andari, Ratna Widyastuti, Eti Putranti

Abstract

Urgensi dan identifikasi permasalahan yang dihadapi mitra pada Mitra Usaha Sentra Batu Bata Bustomi di Desa Silir Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, diantaranya: 1) Kurangnya pengetahuan mitra mengenai pengelolaan persediaan barang sehingga mitra jarang melakukan stock opname dan minimnya pencatatan persediaan batu bata yang terkadang dicatat manual dan terkadang tidak dicatat, serta pencatatan stock batu bata tidak pernah dibukukan sehingga rawan kehilangan.. 2). Kurangnya pengetahuan mengenai strategi pemasaran produk karena masih bersifat menunggu pembeli dan menyetok batu bata,
Tujuan Program Pengabdian Masyarakat ini adalah dalam upaya mengatasi masalah yang dihadapi mitra. Berdasarkan permasalahan prioritas yang harus ditangani maka beberapa solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah : 1). Menerapkan dan memberikan pelatihan terkait aplikasi perhitungan stock batu bata yang akan memudahkan untuk mengetahui jumlah stock batu bata dan mencatat transaksi penjualan/pemesanan. Aplikasi yang digunakan dalam perhitungan stock batu bata berbasis android yaitu menggunakan aplikasi “Inventory Stock”. Aplikasi ini memudahkan mitra dalam menghitung dan mencatat batu bata yang tersedia di gudang dan yang sudah terjual; 2) Memberikan pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran untuk meningkatkan pengetahuan mengenai strategi pemasaran produk melalui e-commerce atau yang berbasis digital dan tatacara penggunaannya.

Full Text:

PDF

References

Afiyah, M. Saifi, and Dwiatmanto. (2015). Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus pada Home Industry). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 23, no. 1

Hidayat. (2018). Dasar dasar analisa laporan keuangan, Pertama. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Kurniawan and L. Fauziah. (2014). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, vol. 2, no. 2, pp. 103–220

Muzellec, L., and M Lambkin, Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity?”’, European Journal of Marketing, 40.7/8 (2006), 803–24

Pemerintah Kota Kediri tentang Produk Unggulan. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2018.[Online]:https://kedirikota.go.id/read/Investasi/30/1/49/Produk%20Un ggulan.html

Riswan. (2014).Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. JURNAL Akuntansi & Keuangan, vol. 5, no. 1, pp. 93–121, 2014

Simanjuntak, Sofyan,( 2004). Peningkatan Produksi. Yogyakarta:Liberty

Refbacks

  • There are currently no refbacks.