PROGRAM PENINGKATAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH “KRESNAJUN” DI KECAMATAN MOJOROTO KEDIRI

Wiwiek Kusumaning Asmoro, Novie Astuti Setianingsih, Atik Tri Andari, Elmi Rakma Aalin, Yohan Bahtiar

Abstract

Salah satu bentuk Industri Kecil Menengah pada Program Pengabdian Masyarakat ini adalah usaha olahan “Opak Gambir” dan “Busa Kepiting” yang berbahan baku dasar dari tepung tapioka . Industri Kecil Menengah milik Ibu Vera yang merupakan mitra dari program pengabdian ini diberi nama “Kresnajun” dengan produk yang diberi nama merek ‘Sekarjoyo”. Usaha yang dirintis oleh Ibu Vera ini sebenarnya cukup menjanjikan karena mempunyai cita rasa yang enak, namun dalam pengembangan usaha masih sangat kurang terutama dalam aspek pemasaran dan tatakelola keuangannya. Sistem penjualan yang dilakukan mitra tanpa menggunakan media promosi secara online. Penjualan hanya berdasarkan pesanan, serta menitipkan produknya ke beberapa toko terdekat. Padahal dengan merek yang sudah cukup memadai usaha ini bisa dikembangkan melalui jaringan yang lebih luas. Permasalahan lain dalam bidang manajemen keuangan adalah administrasi keuangan yang kurang tertata dengan baik menyebabkan secara implisit akan mempengaruhi perhitungan keuntungan usaha. Tujuan Program Pengabdian Masyarakat ini adalah upaya mengatasi masalah yang dihadapi mitra dengan tahapan sebagai berikut 1) Memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen usaha dengan membuat laporan keuangan sederhana berdasarkan SAK EMKM 2)Memberikan pelatihan stategi pemasaran terutama dalam melakukan promosi melalui media online, karena saat ini promosi masih kurang diperhatikan sehingga penjualan kurang optimal.

Kata Kunci: Manajemen Keuangan, Strategi Pemasaran, IkM Kresnajun

Full Text:

PDF

References

Afiyah, M. Saifi, and Dwiatmanto. (2015). Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus pada Home Industry). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 23, no. 1

BappedaJatim.(2014).Market Besar Opak Gambir Rasarasa KotaB litar.Diakses pada tanggal

Agustus 2018 .[Online] : http://bappeda.jatimprov.go.id/2014/09/01/market- besar-opak- gambir-rasa-rasa-kota-blitar/

Hidayat. (2018). Dasar dasar analisa laporan keuangan, Pertama. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Kurniawan and L. Fauziah. (2014). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, vol. 2, no. 2, pp. 103–220

Muzellec, L., and M Lambkin, Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity?”’, European Journal of Marketing, 40.7/8 (2006), 803–24

Pemerintah Kota Kediri tentang Produk Unggulan. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2018.[Online]:https://kedirikota.go.id/read/Investasi/30/1/49/Produk%20Un ggulan.html

Riswan. (2014).Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. Budi Satria Wahana Motor. JURNAL Akuntansi & Keuangan, vol. 5, no. 1, pp. 93–121, 2014

Septiani,Dian Miwari.( 2013). Analisis Tingkat Pendapatan Home Industri Opak Gambir Di DesaSendung. Skripsi. Universitas MuhammadiyahMalang

Simanjuntak, Sofyan,( 2004). Peningkatan Produksi. Yogyakarta:Liberty

Refbacks

  • There are currently no refbacks.