SENI DAN ALAM BERSINERGI : PEMBUATAN STREET ART ANTI-BULlYING SEBAGAI MEDIA EDUKASI DAN ECOPRINT SEBAGAI WUJUD PEMBANGUNAN KREATIVITAS DAN KESADARAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15154Abstract
References
Afnan, Haidar, and Anisa Meilawati. “Program Bimbingan Konseling Dalam Mengurangi Tingkat Bullying Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta.†no. 02 (2023): 102–113.
Almira, Nabila Sella, and Adijanti Marheni. “Analisis Fenomenologis Interpretatif Tentang Definisi Bullying Dan Harga Diri Bagi Korban Bullying.†Jurnal Psikologi Integratif 9, no. 2 (2021): 209.
Fatmawati, Erliansa, Shabrina Tsalsabela Ivanda, Firda Aisha Salsabila, and Dewi Puspa Arum. “Wujud Pelestarian Lingkungan Melalui Penyuluhan Pembuatan Produk Totebag Ecoprint Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kedung Peluk 1 A Form of Environmental Preservation Through Counseling on Making Ecoprint Totebag Products to Kedung Hug 1 State Elementary School Students U Niversitas Pembangunan Nasional ‘ Veteran ’ Jawa Timur , Surabaya , Indonesia†2, no. 3 (2024).
Haru, Emanuel. “Perilaku Bullying Di Kalangan Pelajar.†Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 11, no. 2 (2023): 59–71.
Hilmawati, Hilda, Ilyas Aminuddin, Ujang Badru Jaman, and Yusuf Iskandar. “Ekspresi Seni Ramah Lingkungan : Belajar , Berkreasi , Dan Berkarya ( B3 ) Melalui Teknik Ecoprint Bersama Anak - Anak Desa Cimaja Kecamatan Cikakak†2, no. 01 (2023): 32–39.
Himmah, Laila Nurul, Chytra Mahanani, and Moh Adam Jerusalem. “PELATIHAN PEMBUATAN KAIN ECOPRINT SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS ( SDGs )†(2020).
Maria Natalia Bete, Arifin. “Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sma Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka.†Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) 8, no. 1 (2023): 15–25.
Meldra, Delia, dan Yopy Mardiansyah, Kabupaten Kepulauan Meranti, and Jl Teuku Umar. “Penyuluhan Ecoprint Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingungan Sekitar Di Kabupaten Kepulauan Meranti.†Jurnal Tiyasadarma 1, no. 2 (2024): 48–56.
Mi, Di, Muhammadiyah Kota, Awit Istighfarin, Dyta Noor Aini, and Mifta Khudin. “Sosialisasi Anti- Bullying Dengan Metode Kreatif Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Perilaku Baik Siswa,†no. 2 (2024): 16–24.
Nurdiansyah, Agung. “Pengertian Bullying,†2020.
Nurhayati, Lilis, Lasman Parulian Purba, Dela Putri Wibowo, and Fransiska Amelia Imu. “PENGEMBANGAN KREATIFITAS MELALUI PELATIHAN ECOPRINT†7 (2023): 1193–1201.
Pengabdian, Jurnal Hasil. “Jurnal Pengabdian UNDIKMA:†5, no. 3 (2024): 494–500.
Pramesti, Yulistia, and Amalia Rizki Maharani. “Pelaksanaan Ecoprint Guna Meningkatkan Kreatifitas Siswa SDN Sidoklumpuk†3, no. 1 (2024): 377–382.
Purnomo, Agus. “Pemanfaatan Produk Ecoprint Berbasis Daun Dan Bunga Di Desa Kelawi Kabupaten Lampung Selatan.†Jurnal Pengabdian UMKM 3, no. 1 (2024): 54–61.
Rahayu, Kun Mardiwati, Ira Nurhayati Djarot, and Syariful Syariful. “Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Ecoprint Pada Siswa Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia.†Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS) 2, no. 1 (2022): 65.
Satria, Dhian, Yudha Kartika, Fidda Rahmawati, Viona Eka Rahmawati, Agus Tri Sapta, Alfin Nur Faizah, Ruldy Rizqi Suhendri, et al. “Pelatihan Pembuatan Kerajinan Ecoprint Sebagai Pengembangan Kreativitas Anak Di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 1 (Satu) Training On The Making Of Ecoprint Crafts As The Development Of Children’s Creativity At Wonomerto State Elementary School†1, no. 3 (2023).