Peningkatan Kesejahteraan Pengrajin Gula Nira Kelapa melalui Kualitas Pola Tanam Kelapa, Diversifikasi Olahan Produk, Digital Marketing dan Kemasan Produk di Desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan
Abstract
Keyword: Coconut Nira, Simple Bookkeeping, Digital Marketing, Product Processing Diversification, Product Packaging
Full Text:
PDFReferences
Afriyadi, A., Putra, A. A., Harianto, B., & ... (2023). Pemberdayaan Umkm Melalui Pembukuan Manual Dan Digital Dengan Penerapan Digital Marketing Pada Masyarakat Desa Busung. Community …, 4(2), 4185–4189. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15803
Ana, W., Sophan, T. D. F., Nisa, C., & Sanggarwati, D. A. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online Dan Marketplace Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm Cn Collection Di Sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517–522. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.274
Ariodutho, S., Sugiyanti, L., Larasati, A., & Sukmawati, I. (2023). Pengaruh Packaging Produk Terhadap Persepsi Kualitas Dan Nilai Produk UMKM Anisa Bakery Pendahuluan Dalam dunia bisnis , khususnya dalam industri makanan dan minuman , packaging. Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional, 2(1), 204–214.
Dewi, S. K. S., Antara, M., & Arisena, G. M. K. (2021). Pemasaran Cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Agro Bali : Agricultural Journal, 4(2), 246–259. https://doi.org/10.37637/ab.v4i2.719
Evita Bela, N., Putra, P., & Fahlevi, R. (2023). Pemberdayaan Umkm Desa Lenggahsari Melalui Edukasi Pembukuan Keuangan. Al-Ihsan: Journal of Community Development in Islamic Studies, 2(2), 121–129. https://doi.org/10.33558/alihsan.v2i2.8012
Gerson Sipapa, Kunto Wibowo, & Agustina S. Mori Muzendi. (2022). Strategi Pengembangan Usahatani Kelapa (Cocos Nucifera) Study Kasus Di Kampung Wau Distrik Abun Kabupaten Tambrauw. Sosio Agri Papua, 11(01), 10–18. https://doi.org/10.30862/sap.v11i01.250
Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Reza Rahmadi Hasibuan, 2 R. Satria Setyanugraha, 3 Shella Rizqi Amelia, 4 Anastasia Anggarkusuma Arofah, 5 Agustin Riyan Pratiwi. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(1), 107–111.
Kinanda, R., Jusatria, J., Zulfhi Surya, R., Rizky Harahap, A., & Ilyas, I. (2022). Potensi, Tantangan, Dan Rekomendasi Strategi Pengelolaan Industri Kelapa Di Kabupaten Inhil. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(1), 6–16. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i1.241
Lesmana, M. D., Taufik, M., Darmawan, G., Erlangga, R. P., & Adiwibowo, Y. S. (2023). Pemberdayaan masyarakat menggali potensi sumber daya lokal untuk meningkatkan perekonomian keluarga di desa pasar iv namo terasi kecamatan sei bingai langkat. Communnity Development Journal, 4(3), 5968–5973.
Manwan, S. W., Lestari, M. S., & Dominanto, G. P. (2022). POTENSI, KENDALA DAN PELUANG PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KELAPA RAKYAT DI KABUPATEN SARMI, PAPUA/Potentials, Constraints and Opportunities of Community Coconut Agribusiness Development In Sarmi District, Papua. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 41(1), 44. https://doi.org/10.21082/jp3.v41n1.2022.p44-54
Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3), 671–680. https://doi.org/10.47679/ib.2022287
Ningsih, N. W., Aryati, I., & Widayanti, R. (2019). Analisis Literasi Keuangan, Persyaratan Pembiayaan Dan Keberlangsungan Usaha Terhadap Kemudahan Akses Pembiayaan Formal Pada Umkm. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02), 453–460. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.663
Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87–102.
Prasetiyo, dafit bayu, Muhaimin, abdul wahib, & Maulidah, S. (2018). Analisis Rantai Pasok dan Nilai Tambah Agroindustri Gula Merah Aren di Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2, 41–51.
Situmorang, H., Eviza, A., Agustina, A., Mukhlis, M., Fitri, E. R., & Purba, J. H. (2023). Upaya Peningkatan Pemasaran Gula Aren melalui Digital Marketing pada Industri Gula Aren Kelompok Tani Mutiara Kabupaten Lima Puluh Kota. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.33366/jast.v7i2.5332
Sufaidah, S., Munawwarah, Aminah, N., Ayu Prasasti, M., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156.
Sutianingsih, Sriyanto, & Marli’aini, N. T. (2022). Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Pada CV Rizki Barokah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 3(2), 26–34.
Widayanti, R. (2017). Peningkatan Pendapatan UKM Melalui Penguasaan Teknologi Pakan Lele Dan Pemanfaatan Limbah Lokal Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Warta LPM, 20(1), 1–8. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2799
Widayanti, R., Damayanti, R., & Marwanti, F. (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada UMKM Desa Jatisari. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 153. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1399
Refbacks
- There are currently no refbacks.