Budidaya Tanaman Sirsak Dalam Aspek Kemanfaatannya Bagi Kesehatan Serta Dalam Rangka Gerakan Penghijauan Di Dusun Kalangan, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo

Tria Rosana Dewi, Irma Wardani, Sudarwati Sudarwati, Libria Widiastuti

Abstract

Pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga untuk ditanami tanaman sirsak di Dusun Kalangan, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo merupakan solusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan akan buah sehat. Disamping belajar bertanam budidaya buah sirsak juga untuk mengisi kegiatan dan menambah kesadaran masyarakat tentang pentingnya penghijauan untuk kelestarian bumi. Bentuk pengabdian yang diwujudkan dalam transfer teknologi budidaya tanaman sirsak di Dusun Kalangan, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo dengan harapan bahwa transfer teknologi budidaya sirsak cocok dikembangkan di daerah Sukoharjo karena selain iklim yang sesuai karakteristik syarat tumbuh sirsak, juga kondisi tanah yang subur, sangat menunjang bagi pertumbuhan tanaman tersebut.
Sebagai tanaman pekarangan pada umumnya belum dibudidayakan secara baik, maka tanaman sirsak terbuka peluang untuk dikembangkan mengingat peluang pasar cukup menjajikan. Produksi benih sirsak dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu : perbanyakan dengan biji, sambung pucuk dan okulasi. Disamping itu pula, dari hasil penelitian medical (kesehatan) ternyata tumbuhan sirsak termasuk jenis tumbuhan yang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk obat-obatan. Berangkat dari hal-hal yang telah disebutkan di atas maka dapat dikatakan bahwa tanaman sirsak mempunyai prospek dan daya tawar yang baik untuk menjadi semacam bidang usaha yang bernilai komersial. Maka dengan melihat sisi ekonomisnya, perlulah upaya untuk meningkatkan produktifitasnya melalui budidaya.

Kata kunci : Budidaya, Sirsak, Kesehatan

Full Text:

PDF

References

Ashari, sumeru. 2006. Holtikultura Aspek Budidaya. Jakarta : Universitas indonesia.

Radi, juhedi. 2002. Sirsak Budidaya dan Pemanfaatannya. Jakarta: Kanisius.

Zuhud, Evrizal. 2011. Bukti Kedahsyatan Sirsak Menumpas Kanker. Yunita Indah. Cet-1. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.