PELATIHAN PERANCANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI GURU-GURU SD DI LOA JANAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15367

Abstract

Perubahan kurikulum, seperti penerapan Kurikulum Merdeka, menuntut kesiapan guru dalam menyusun asesmen diagnostik yang efektif untuk aspek kognitif dan non-kognitif. Penelitian ini dilakukan di SDN 002 dan 004 Loa Janan, berjarak sekitar 26 km dari Universitas Mulawarman, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun asesmen diagnostik berbasis Artificial Intelligence (AI). Metode yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) dengan pelatihan selama tiga hari. Hasil pretest menunjukkan bahwa 83,33% guru memiliki pemahaman tentang asesmen diagnostik, namun belum menerapkannya secara optimal. Rata-rata nilai pretest peserta mencapai 83,33%. Setelah pelatihan, pemahaman peserta meningkat, dengan nilai posttest mencapai 85,29%. Meskipun peningkatannya kecil, ini mencerminkan penajaman pemahaman peserta terhadap detail dan penerapan asesmen. Peningkatan signifikan juga terlihat dalam pemanfaatan AI, di mana pretest menunjukkan rata-rata 66,18%. Setelah pelatihan, nilai posttest mencapai 76,32%, menandakan kemampuan peserta untuk memahami dan mengaplikasikan teknologi AI dalam asesmen diagnostik. Produk asesmen yang dihasilkan pelatihan ini menunjukkan bahwa telah memenuhi aspek kesesuaian dengan Tujuan Pembelajaran, Keterlibatan Non-Kognitif dan kognitif, Kontekstualisasi dan Relevansi. Teknologi dan Inovasi

References

Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan~….

Al Braiki, B., Harous, S., Zaki, N., & Alnajjar, F. (2020). Artificial intelligence in education and assessment methods. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 9(5), 1998–2007.

Alenezi, A. (2023). Personalized learning strategies in higher education in Saudi Arabia: identifying common approaches and conditions for effective implementation. TEM Journal, 12(4).

Alifiana, M., Anekawati, A., & Matlubah, H. (2023). Penggunaan Tes Diagnostik Dalam Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding SNAPP: Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 2(1), 75–87.

Aprilia, N., Setiani, Y., & FS, C. A. H. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum Yang Bernilai Budaya Lokal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 850–857.

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Asesmen Diagnostik sebagai Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29.

Bagunaid, W., Chilamkurti, N., & Veeraraghavan, P. (2022). AISAR: Artificial Intelligence-Based Student Assessment and Recommendation System for E-Learning in Big Data. Sustainability, 14(17), 10551.

Basriannor, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2023). Pengembangan Soal Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Matematika Sma/Ma. Jurmadikta, 3(3), 23–32.

Bioto, A. R., Suking, A., & Zulystiawati, Z. (2022). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Asesmen Nasional. Student Journal of Educational Management, 31–45.

Biswas, G., Segedy, J. R., & Bunchongchit, K. (2016). From design to implementation to practice a learning by teaching system: Betty’s Brain. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 26, 350–364.

Camalia, R. R. (2019). Asesmen perilaku mandiri dan disiplin melalui kegiatan makan anak usia dini di raudlatul athfal tarbiyatul athfal bulupayung kecamatan kesugihan kabupaten cilacap. IAIN Purwokerto.

Cope, B., Kalantzis, M., & Searsmith, D. (2021). Artificial intelligence for education: Knowledge and its assessment in AI-enabled learning ecologies. Educational Philosophy and Theory, 53(12), 1229–1245.

González-Calatayud, V., Prendes-Espinosa, P., & Roig-Vila, R. (2021). Artificial intelligence for student assessment: A systematic review. Applied Sciences, 11(12), 5467.

Hasanah, F. R., Fitria, F., Atuni, S. N. J., Fauzi, A., & Fuady, A. (2024). Lokakarya Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1548–15578.

Indriyanti, N. Y., Utami, B., Antrakusuma, B., Fakhrudin, I. A., Khasanah, A. N., Probosari, R. M., Widoretno, S., & Prasetya, D. (2023). Penguatan Pemahaman Dan Praktik Guru Ipa Dalam Integrasi Low-Carbon Stem Dalam Pembelajaran. Abdimas Unwahas, 8(2).

Janpla, S., & Piriyasurawong, P. (2020). The development of an intelligent multilevel item bank model for the national evaluation of undergraduates. Univers. J. Educ. Res, 8, 4163–4172.

Laulita, U., Marzoan, M., & Rahayu, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 1–17.

Mamuly, W. F., Janwarin, L. M., & Siahaya, G. C. (2022). Pkm Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Siswi Di Sd Negeri 294 Maluku Tengah, Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Maren: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 85–92.

Marita, P. L. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 7(1), 159–174.

Mukhid. (2023). Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan. Pustaka Egaliter. Com.

Nurani, D., Misyanto, L., & Mulia, K. L. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Tim Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.

Prabowo, A., Sugandha, A., Mashuri, M., Guswanto, B. H., Suroto, S., Tripena, A., & Riyadi, S. (2023). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Hasil Riset Literatur Untuk Guru-Guru SMA Negeri 1 Mirit Kabupaten Kebumen. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 158–167.

Putro, H. Y. S., Makaria, E. C., Hairunisa, H., & Rahman, G. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 698–705.

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25–30.

Rodriguez-Ascaso, A., Boticario, J. G., Finat, C., & Petrie, H. (2017). Setting accessibility preferences about learning objects within adaptive elearning systems: User experience and organizational aspects. Expert Systems, 34(4), e12187.

Samarakou, M., Fylladitakis, E., Fruh, W.-G., Karolidis, D., Hatziapostolou, A., Athinaios, S., & Grigoriadou, M. (2016). Evaluation of an intelligent open learning system for engineering education. Knowledge Management and E-Learning: An International Journal, 8(3), 496–513.

Shyr, W.-J., Yang, F.-C., Liu, P.-W., Hsieh, Y.-M., You, C.-S., & Chen, D.-C. (2019). Development of assessment indicators for measuring the student learning effects of artificial intelligence-based robot design. Computer Applications in Engineering Education, 27(4), 863–868.

Sufendi, S., & Kamal, R. (2023). Pentingnya Etika Pemanfaatan Chat Gpt Pada Penyusunan Karya Tulis Mahasiswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2728–2734.

Sugiarto, S., Suryani, E., Andriani, N., Kenedi, J., & others. (2022). Penguatan Growth Mindset Guru Dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–78.

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. KOMTEKS, 1(1).

Yahya, F., Ratu, T., Hermansyah, H., Sentaya, I. M., & Sulindra, I. G. M. (2021). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Formatif berbantuan TIK untuk Optimalisasi Kegiatan Pembelajaran. Indonesian Journal of Education and Community Services, 1(1), 9–13.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Haerani, R. P. R., Suhartini, E., Dewi, P. S., Lolan, A. S., & Familia, M. N. (2025). PELATIHAN PERANCANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI GURU-GURU SD DI LOA JANAN. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15367

Citation Check

Most read articles by the same author(s)