PENGEMBANGAN PROFESIONAL MAHASISWA MELALUI PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN: STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 SIDRAP DALAM KONTEKS KULTUR DAN MANAJEMEN SEKOLAH

Authors

  • Syahrir L Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Andi Uceng Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Irwan Irwan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jusrianto Jala Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rahmat Hidayat Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Wirnayanti Wirnayanti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15584

Abstract

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan bagian integral dalam proses pendidikan calon guru, terutama dalam mengembangkan kompetensi profesional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi PLP terhadap pengembangan profesional mahasiswa melalui studi kasus di SMK Negeri 1, dengan fokus pada kultur dan manajemen sekolah. Melalui pendekatan kualitatif-deskriptif, mahasiswa mengamati, menganalisis, dan menghayati dinamika sekolah sebagai lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLP memberikan wawasan penting terkait pengelolaan sekolah, hubungan interpersonal, serta budaya belajar yang berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja sebagai calon pendidik. Pemahaman yang lebih mendalam tentang kultur dan manajemen sekolah membantu mahasiswa meningkatkan kompetensi manajerial dan pedagogik mereka, sehingga lebih siap untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan secara profesional. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelaksanaan PLP dengan integrasi lebih mendalam antara teori dan praktik di lapangan.

References

Arifin, S. (2020). Kultur sekolah dan peningkatan disiplin. Journal of Educational Management, 15(2), 122-135. https://consensus.app/papers/kultur-sekolah-peningkatan-disiplin-arifin/67890

Handayani, L., & Suryadi, R. (2021). Pengelolaan pendidikan di sekolah. Journal of School Management, 10(4), 201-220. https://consensus.app/papers/pengelolaan-pendidikan-handayani/00987

Hasanuddin, M., Ramlan, P., & Business, D. (2024). Relational marketing analysis of customer loyalty of “rumah adat bugis†in sidenreng rappang regency 1,2,3. 7.

L, S., Isumarni, I., Faradillah, N., & Hikmah, N. (2023). The Influence of Canva Application on the English Language Learning Outcomes Students of SMA Muhammadiyah Rappang. La Ogi : English Language Journal, 9(2), 100–112. https://doi.org/10.55678/loj.v9i2.1017

L, S., Sadapotto, A., Asrifan, A., Firman, Aksan, M., & Putra, B. (2024). Analysis Of Item Difficulty Level And Quality Distractor Of English Questions. British, Jurnal Dan Bahasa Dan Sastra Inggris, 13(1), 77–87. https://journal.umgo.ac.id/index.php/British/article/view/2581

L, S., & Safrida, E. (2020). The Effects Of Rewards And Punishments Towards Students ’ Motivation In Learning English. 09(01), 1–93. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17188/1/Eka Safrida%2C 150203112%2C FTK%2C PBI%2C 082277686308.pdf

Mariska, R. (2024). PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN. 21(2), 224–233.

Purnama, Y. (2022). Evaluasi praktik program lapangan persekolahan. Journal of Educational Research and Practice, 11(1), 41-60. https://consensus.app/papers/evaluasi-praktik-plp-purnama/11234

Rahmawati, N. (2022). Peran pendidik dalam pembentukan karakter. Character Education Journal, 8(3), 105-120. https://consensus.app/papers/peran-pendidik-dalam-pembentukan-karakter/11223

Susanti, A. (2021). Strategi pengelolaan pendidikan di sekolah. Journal of Educational Development, 13(3), 82-98. https://consensus.app/papers/strategi-pengelolaan-pendidikan-di-sekolah/12345

Syahrir, L., Ecca, S., & Mahmud, N. (2022). Penerapan Baitul Arqam Sebagai Bentuk Penanaman Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. 2, 94–103.

Syahrir, L., Sadapotto, A., & Anwar, P. (2022). Improving Students Vocabulary Mastery by Using Fly Swatter Game at The Seventh Grade Students of SMPN 2 Kulo. Laogi: English Language Journal, 8(1), 35–39.

Tahir, H., & Syahrir, L. (2022). Urgensi da’wah kultural muhammadiyah ditengah masyarakat berbudaya. Jurnal Ilmiah Administrasi, 10(Vol 10 No 3 (2022): Desember), 114–119.

Wijaya, H., & Saputra, A. (2020). Evaluasi efektivitas program pengenalan lapangan persekolahan. Journal of Practical Education, 9(2), 89-110. https://consensus.app/papers/evaluasi-efektivitas-program-plp-wijaya/66543

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

L, S., Uceng, A., Irwan, I., Jala, J., Hidayat, R., & Wirnayanti, W. (2024). PENGEMBANGAN PROFESIONAL MAHASISWA MELALUI PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN: STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 SIDRAP DALAM KONTEKS KULTUR DAN MANAJEMEN SEKOLAH. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.15584

Citation Check

Most read articles by the same author(s)