Instagram sebagai Platform Strategis untuk Peningkatan Kompetensi Digital Perusahaan Mitrabrand

Authors

  • Rafly Jibran Mahendra Muhammadiyah Sidoarjo University, Indonesia
  • Dhyva Angela Rahmadhani Fitria Muhammadiyah Sidoarjo University
  • Dharanisya Dzakirah Yuliono Muhammadiyah Sidoarjo University
  • M. Andi Fikri Muhammadiyah Sidoarjo University

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16273

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu Mitrabrand dalam memanfaatkan Instagram sebagai platform strategis untuk meningkatkan kompetensi digital mereka. Dengan pendekatan yang mencakup pelatihan intensif, pendampingan personal, dan evaluasi mendalam, kegiatan ini berfokus pada penggunaan fitur-fitur Instagram seperti Stories, Reels, dan analitik media sosial untuk mendukung strategi pemasaran. Dampak yang dirasakan termasuk peningkatan pemahaman terhadap pemasaran digital, keterampilan menciptakan konten kreatif, dan kemampuan menganalisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Interaksi langsung dengan audiens melalui Instagram juga berhasil memperkuat hubungan antara Mitrabrand dan konsumennya, menciptakan loyalitas merek yang lebih kuat. Artikel ini menggambarkan langkah-langkah implementasi kegiatan, hasil yang dicapai, serta rekomendasi strategis untuk pengembangan kompetensi digital lebih lanjut. Kata Kunci: Instagram, Media Sosial, Kompetensi Digital, Perusahaan, Mitrabrand, Kolaborasi, Pemasaran Digital.

References

Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1), 2–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409

Aryani, M. T., Maulana, S., Arivia, K. S., Rahmah, M., & Septiani, S. (2023). Social Media Marketing untuk Meningkatkan Brand Equity dan Purchase Decisions (Studi Kasus di SMA Islam 7 Al-Azhar Sukoharjo). Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(6), 653–661. https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.36390

Augustinah, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.

Author 1, Author 2, & Author 3. (2017). MODEL KOMPETENSI DIGITAL MAHASISWA DALAM SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH Novrianti. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Damanhuri, D., & Hartono, R. S. (2022). Pengaruh Kompetensi Digital Dan Learning & Development Terhadap Pencapaian Transformasi Digital Pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos Dan Informatika Kementerian Komunikasi Dan Informatika. Governance, 10(1), 21–34. https://doi.org/10.33558/governance.v10i1.5631

Elda, F. (2018). Personal Branding Melalui Media Sosial. 2018, 15–20.

Fatryana Tamara. (2023). Pengukuran Return on Investment (ROI) Dalam Kampanye Digital Marketing. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1833–1837.

Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196.

Oktarina, C. Z., & Hubbansyah, A. K. (2024). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Horeca. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2, 676–683.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442–452. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

Saputra, R., Adiprasetya, F., & Pulungan, P. (2024). Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising Campaign Untuk Meningkatkan Brand Awareness Racabel. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(5), 155.

Sudarta. (2022). MANFAAT DIGITAL MARKETING PADA PEMILIK USAHA DI KOTA BENGKULU. Edunomika, 16(1), 1–23.

Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1116–1123. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399

Ramadhan, F. H. (2017). PKM Pemanfaatan Media Sosial Instagram. Jom Fisip, 4(2), 1–15.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Mahendra, R. J., Rahmadhani Fitria, D. A., Yuliono, D. D., & Fikri, M. A. (2024). Instagram sebagai Platform Strategis untuk Peningkatan Kompetensi Digital Perusahaan Mitrabrand. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16273

Citation Check