PELATIHAN REVIEWER DAN EDITOR JURNAL ILMIAH: PANDUAN PRAKTIS UNTUK PENINGKATAN MUTU ARTIKEL
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16460Abstract
Kualitas publikasi ilmiah merupakan salah satu indikator utama keberhasilan akademik sebuah institusi pendidikan tinggi. Namun, kualitas artikel yang diterbitkan sangat bergantung pada kompetensi reviewer dan editor jurnal. Artikel ini melaporkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan yang ditujukan kepada dosen dan reviewer di Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam melakukan proses review dan penyuntingan artikel ilmiah secara efektif dan etis. Metode pelatihan meliputi sesi teori, diskusi interaktif, dan simulasi proses review serta editing menggunakan artikel nyata. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap prinsip-prinsip review berkualitas, teknik editing, dan penerapan etika publikasi. Peserta juga mendapatkan panduan praktis untuk meningkatkan kualitas artikel sebelum diterbitkan. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam memperbaiki mutu jurnal di lingkungan kampus, serta mendukung pengelolaan jurnal menuju akreditasi yang lebih baik.