PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA MELALUI PROGRAM STUDI INDEPENDEN BIDANG TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DI BISA AI ACADEMY

Ibnu Zahy' Atha Illah, Tresna Maulana Fahrudin

Abstract


Pendidikan merupakan kunci terpenting dari pembangunan di berbagai bidang. Pendidikan berperan besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Demi mewujudkan kualitas mahasiswa yang memiliki kompetensi secara komprehensif serta siap untuk memasuki lingkungan kerja, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu rincian program yang tersedia di Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). MSIB memiliki mitra yang cukup banyak, salah satunya yaitu Bisa AI Academy. Terdapat sedikitnya lima sistematika pembelajaran yang diterapkan pada program tersebut, seperti pembelajaran terjadwal, pembelajaran tamu, pembelajaran mandiri, membangun portofolio, dan mengasah soft skills. Seluruh pembelajaran yang diberikan pada program Studi Independen Teknologi Kecerdasan Artifisial mampu menyelesaikan berbagai studi kasus yang terjadi di masyarakat.

Full Text:

PDF

References


AI, B. (2021). Tentang kami. (PT Bisa Artifisial Indonesia) Retrieved Desember 19, 2022, from https://bisa.ai/tentang-kami

Bariah, S. H., & Imania, K. A. (2017). Pengembangan Evaluasi Dan Penugasan Online Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer. JANAPATI: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(3), 305-315.

Humas Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan, K. R. (2021, September 7). (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) Retrieved Desember 19, 2022, from https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/news/13/program-magang-dan-studi-independen-bersertifikat-msib-kampus-merdeka-beri-pengalaman-di-dunia-profesi

Humas Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan, K. R. (n.d.). Tentang Kami: Latar Belakang. (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) Retrieved Desember 19, 2022, from https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/latar-belakang

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. NUSANTARA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150-165.

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492.

Peniarsih. (2021). Cloud Computing Technologies and Business Opportunities. Jurnal Teknologi Industri, 17-29.

Prehanto, A., Guntara, R. G., & Aprily, N. M. (2021). Informasi dalam Seminar Kurikulum. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 43-49.

Sandfreni, S., & Perdana, M. R. (2021). Pengaruh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terhadap Mahasiswa Pada Prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Forum Ilmiah, 18(4), 661-675.

Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A., & Purwandari, E. (2021). Efek Metode Pembelajaran Daring (Pembelajaran Jarak Jauh) Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Jurnal Psikologi Proyeksi, 16(1), 83-91.

Wulandari, B. A., Norawati, R., Anastasia, I., Ridha, A., & Heryanti, R. (2021). Penggunaan Portofolio Digital Untuk Mendorong Pembelajaran Refleksi dan Mandiri. Jurnal Karya Abadi Masyarakat, 5(3), 356-362.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v5i2.7568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.