Pelatihan Pembuatan Akun ID Publons Untuk Dosen Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Tira Nur Fitria, Suprihati Suprihati, Rukmini Rukmini, Wikan Budi Utami, Suhesti Ningsih, Budiyono Budiyono

Abstract

Kegiatan “Pelatihan Pembuatan Akun Publons Bagi Dosen” ini dilaksanakan secara pada hari Kamis, 18 Agustus 2022. Peserta kegiatan yang terlibat adalah sebagian dosen Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia. Pada kegiatan pendahuluan ini, dosen selaku narasumber menjelaskan tentang Publons. Publons adalah situs web komersial yang menyediakan layanan gratis bagi akademisi untuk melacak, memverifikasi, dan menampilkan tinjauan sejawat dan kontribusi editorial untuk jurnal akademik. Pada kegiatan inti ini, dosen selaku narasumber kegiatan pengabdian masyakarat memberikan demonstrasi tentang bagaimana membuat akun Publons. Pada kegiatan ini, narasumber mengajak para peserta lain (dosen) untuk saling berdikusi mengenai berbagai permasalahan yang mungkin terjadi saat proses pembuatan akun Publons. Untuk memiliki Publon ID, tentunya harus mendaftar. Cara daftarnya sangat mudah, disarankan menggunakan akun yang sudah dibuat di ORCID supaya bisa langsung terupdate identitas namanya. Bila tidak memiliki akun ORCID, bisa masuk menggunakan Linkedin, Facebook, dan lainnya. Jika kita ingin membuat akun Publons dengan email, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pada kegiatan penutup ini, dosen selaku narasumber kegiatan pengabdian masyakarat memberikan kesempatan kepada para peserta kegiatan untuk memberikan respon atau bertanya terkait dengan akun Publons. Dalam kegiatan ini, para peserta (dosen ITB AAS Indonesia) terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka langsung mempraktekkan cara membuat akun Publons. Dalam kegiatan ini, para peserta (dosen ITB AAS Indonesia) terlihat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka langsung mempraktekkan cara membuat akun Publons.

Full Text:

PDF

References

Aravik, H., & Tohir, A. (2021). Pelatihan Pemanfaatan ID Author bagi Dosen. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.36908/akm.v2i1.272

Hasibuan, F. A., Subakti, H., Harizahayu, H., Salamun, S., Siallagan, T., Saftari, M., Ritonga, M. W., Suhartati, T., Purba, B., Nasution, Y. A., & Chamidah, D. (2022). Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hukkelhoven, C. (2019, August 7). Rewarding your peer review and editorial contributions: Publons. OpenScience. https://weblog.wur.eu/openscience/rewarding-your-peer-review-and-editorial-contributions-publons/

Mondal, H., & Mondal, S. (2022). How to enhance your profile on academic portals, social media, and personal websites? Cosmoderma, 2. https://doi.org/10.25259/CSDM_2_2022

Purnobasuki, H., Ferry, E., Harisanty, D., & Nafisyah, A. L. (2022). Strategi Peningkatan Sitasi Bagi Civitas Akademia dan Peneliti. Airlangga University Press.

Ritonga, M., Syafaruddin, S., Tolentino, T., Hasibuan, K., Hasibuan, M., & Hasibuan, S. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Dosen Terhadap Strategi Penulisan Dan Publikasi Artikel. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1212

Setiawan, D., Sidauruk, T., Delita, F., Diansyah, A., Nasution, A. H., Febryani, A., Kabatiah, M., Fimansyah, W., & Rulyani, A. (2022). Pembelajaran IPS Terpadu. Yayasan Kita Menulis.

Smith, D. R. (2016). Will Publons Popularize the Scientific Peer-Review Process? BioScience, 66(4), 265–266. https://doi.org/10.1093/biosci/biw010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.