PELATIHAN PENGGUNAAN E-LEARNING PLATFORM WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS IT PADA GURU SMP NEGERI 8 AMBON

Jenny Koce Matitaputty, Jacomina Selfisina Kailuhu, Sartika Sahupala, Susan E. Manakane

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik generasi Z saat ini mengharuskan Pendidik harus melek dengan teknologi sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan bermakna sekaligus tujuan pembelajaran dapat tercapai. Beberapa Platform dapat digunakan sebagai media sekaligus alat evaluasi yang dapat dalam proses pembelajaran, Aplikasi Wordwall adalah salah satu alternative tersebut karena itu pelatihan platform Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif bertujuan membantu guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif sekaligus membantu guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Metode pelatihan terdiri dari 3 langkah yaitu persiapan (surat menyurat dan koordinasi serta analisis kebutuhan), impelementasi (sosialisasi dan pelatihan/prkatik dan pendampingan) dan evaluasi (testimony dan post test). Peserta pelatihan terdiri dari 12 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta pelatihan sangat antusias dan mampu menciptakan beragam media belajar dengan aplikasi wordwall, hal ini juga Nampak dari testimoni 3 orang guru dan hasil post test yang menyatakan bahwa adanya indeks kepuasan peserta dengan topic pelatihan wordwall 9 Peserta (75%) menyatakan sangat menarik, indeks kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan media mengajar guru 9 Peserta (75%) menyatakan Sangat sesuai, indeks tentang sikap selama proses pendampingan yang diberikan dalam pelatihan, 11 peserta (91.7%) menyatakan Sangat Puas. Kebermanfaaran materi aplikasi wordwall sebagai media belajar bagi guru di kelas, 10 para peserta atay 83.3% menyatakan Sangat setuju dan 12 peserta (100 %) siap menindaklanjuti penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Janah, E. F (2022) Konsep dan Implementasi TPACK pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Kalam Cendekia. Volume 10 Nomor 2

Maeng, J.L., Mulvey, B.K. (2013). Preservice Teachers TPACK : Usin Technology to Support Inquiry Instruction. Journal Teachers College Record.108(6). 1017-1054

Nenohai, J.M.H, dkk (2021) Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat. Vol.2 No.2

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2854 – 2860.

Pessy, N.C; Matitaputty J.K; Hetharion, B. D.S (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Situs-situs peninggalan Sejarah Pada Mata Kuliah Kepariwisataan Sejarah FKIP Unpatti. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol.8 No.5

Rulyansah A, dkk (2022) Pelatihan Pemanfaatan Wordwall dan Quizizz untuk Pembelajaran IPA: Pemberdayaan Guru SDN Tambelang 1 Kabupaten Probolinggo. Jurnal Indonesia Berdaya. Vil.3 No.2

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4 (2), 195-199.

Suswandari M, dkk (2022) Wordwall Assisted Online Learning Evaluation Training as an Innovative Formulation for Elementary School Teachers During the Pandemic. International journal of public devotion. Vol.5 No. 1

Syahputra, E (2018) Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal) Volume I e-ISSN : 2654-8135

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83.

Zeda, F.R dan Mulyati, I (2022) Praktikalitas Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN 19 Kampung Jawa Kota Solok. E-journal Stitpn. Vol. 4 No. 4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.