WORLD READ ALOAD DAY KELAS MAIN HARMONI: MEMBACA MENYENANGKAN SEJAK DINI

Authors

  • Mutiara Sari Dewi Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Ari Enggar Nugraheni Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Aris Yuliana Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.14865

Abstract

Di era digital saat ini, di mana perangkat elektronik dan hiburan digital begitu mendominasi kehidupan sehari-hari, tantangan dalam menumbuhkan minat baca pada anak-anak semakin besar. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca anak yakni World Read Aloud Day (WRAD). Dalam kegiatan tersebut, Kelas Main Harmoni, Read Aloud Malang Raya, dan mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) berupaya untuk mengemas beragam acara literasi yang bertujuan untuk mengenalkan membaca menyenangkan bagi anak usia dini. Pelaksanaan kegiatan selama 4 bulan sejak bulan Februari 2024. Dalam kegiatan tersebut, tim pengabdi melakukan tahapan sesuai dengan tahapan CBR dan berpedoman pada RRA. Hasil seluruh kegiatan WRAD menunjukkan bahwa: a) kegiatan literasi yang menarik dan menyenangkan sangat dibutuhkan untuk pengenalan budaya membaca sejak dini; b) anak lebih mudah termotivasi dan berminat pada aktivitas membaca apabila diselingi dengan kegiatan yang membuat anak aktif, seperti bookish play; serta c) seluruh orang terdekat anak dan lingkungan masyarakat memiliki peran penting untuk menumbuhkan budaya literasi, khususnya cinta membaca sejak dini.

References

Annisa, D., & Djamas, N. (2021). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 42. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.592

Asmaiyah, N., Mustaji, M., & Khotimah, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Literasi Melalui Read aloud Buku Bacaan Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Kognitif Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2615–2628. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.640

Davies, B. (2024). Emergent reading. International Journal of Qualitative Studies in Education, 37(6), 1593–1599. https://doi.org/10.1080/09518398.2024.2326811

Fadillah, N. N., Dewi, F., & Putri, S. U. (2022). Analisis Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Membaca Nyaring. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 241–245.

Ghiso, M. P., Campano, G., Thakurta, A., & Ponce, O. V. (2024). Community-Based Research with Immigrant Families: Sustaining an Intellectual Commons of Care, Resistance, and Solidarity in an Urban Intensive Context. Urban Education, 59(2), 494–519. https://doi.org/10.1177/00420859221082676

Hidayati, N. (2023). Pengenalan Kemampuan Membaca Awal pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15561

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Inovasi Kurikulum, 19(1). https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571

Maulia, D., Rakhmawati, E., & Cholifah, N. (2024). Pendampingan Peran Ayah dalam Pengasuhan dan Pencegahan Kekerasan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 9767–9778. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13894%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/13894/10707

Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 19. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2894

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Preschool, 1(2), 60–76. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074

Puspitasari, D. N., Mardila, D., & Kirana, K. (2019). School Curriculum And Parents’ Support on Kindergarten Students’ Caring Attitude. Jurnal VARIDIKA, 30(2). https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7574

Rokhmatulloh, E., & Sudihartinih, E. (2022). Membangun Literasi Membaca Pada Anak Melalui Metode Membaca Nyaring (Read Aloud). Cendekia, 16(1), 54–61. https://doi.org/10.30957/cendekia.v16i1.703.Membangun

Shomiyatun, S. (2018). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 148–172. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41

Subur, S., Mufliha, M., Kurniawan, H., & Ali, M. (2022). Pengembangan Pemahaman Nilai Sosial Anak Usia Dini melalui Membaca Nyaring Buku Dongeng Toki si Kelinci Bertopi Karya Tere Liye. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 81. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13914

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120

Susilawati, Y., Ramzi, M., & Musafir. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Anak Menggunakan Metode Reading Aloud. Pendiksar: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar, 2(April), 7–14.

Tangse, U. H. M. (2022). Tarbiyah bil Qalam Literasi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pentingnya Lingkungan Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, 6(1), 37–47.

Theodotou, E. (2024). If you give them the chance, they will thrive: exploring literacy development through the arts in early childhood education. Early Years, 00(00), 1–14. https://doi.org/10.1080/09575146.2024.2343712

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Dewi, M. S., Nugraheni, A. E., & Aris Yuliana. (2025). WORLD READ ALOAD DAY KELAS MAIN HARMONI: MEMBACA MENYENANGKAN SEJAK DINI. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(3). https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.14865

Citation Check