INOVASI REBRANDING DAN PENGEMASAN PADA UMKM KERUPUK KEDELAI BERKAH: MENINGKATKAN IDENTITAS PRODUK DAN DAYA SAING PASAR

Authors

  • Ririn Puspita Tutiasri Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Yanda Bara Kusuma Admistrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Dwi Wahyuningtyas Bispro, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur , Indonesia
  • Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta , Indonesia
  • Reza Mehdi Fauzi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Mohammad Syarrafah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) IMRIS di Desa Bendo, Blitar, bertujuan meningkatkan kesejahteraan UMKM melalui rebranding, desain kemasan, dan pemasaran daring produk Kerupuk Kedelai Berkah. Kerupuk kedelai, kaya protein nabati, dikembangkan sebagai produk bernilai gizi tinggi dengan masa simpan lebih panjang dibanding tempe dan tahu. Program ini melibatkan UPN Veteran Jawa Timur dan Jakarta untuk memberikan pelatihan pengemasan yang menjaga kualitas, fotografi produk untuk meningkatkan daya tarik visual, serta strategi pemasaran digital guna memperluas pasar. Upaya ini bertujuan meningkatkan kualitas dan daya saing produk lokal, memperluas jangkauan pasar, dan menciptakan peluang ekonomi berkelanjutan. Hasilnya diharapkan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, menjadikan produk lokal lebih menarik bagi konsumen dan mendukung ekonomi Desa Bendo

References

Achmad, Z. A., Triana, N. W., Arum, D. P., Agustina, Z. N., & Haq, J. A. (2023). Implementasi Program Bakti Inovasi Mengenai Re-Branding Dan Digital Marketing Pada UMKM Kelurahan Bendo. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(3), 96–106.

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM.

Amir, F., Santosa, D. R., & Febrianita, R. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Branding Berbasis Digital sebagai Upaya Pengembangan UMKM Di Kelurahan Bulak Banteng. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1285–1295.

Andarini, H. D., Swasty, W., & Hidayat, D. (2016). Designing the interactive multimedia learning for elementary students grade 1 st–3 rd: A case of plants (Natural Science subject). 2016 4th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), 1–5.

Gelder, K. (2005). The subcultures reader. Psychology Press.

Izzah, S., & Pambudi, S. (2023). Pengembangan Branding Produk Wirausaha Kerupuk Singkong Desa Banjartengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 22–26. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v3i2.417

Kusuma, A., Tutiasri, R. P., Romadhona, M. R., & Khasanah, U. U. (2020). Rural women entrepreneur in digital era. 2nd International Media Conference 2019 (IMC 2019), 1–10.

Mutanda, M., Lekhanya, L. M., & Moyo, S. (2021). A lateral view on entrepreneurial literacy and the role of tertiary institutions: A case study of South Africa. International Journal of Entrepreneurship, 25(4), 1–15.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.

Saifulloh, M. (2021). Branding product pelaku usaha mikro kecil menengah kuningan barat jakarta selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33.

Sari, N. Z. S., & Suwaidi, R. A. (2023). Branding UMKM Tape Pak Lan melalui Pembuatan Logo Stiker di Dusun Semen, Musir Kidul. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 61–67.

Schultz, D. E., & Barnes, B. E. (1999). Strategic brand communication campaigns. (No Title).

Talakua, A. C., Sitaniapessy, D. A., Rani, S., Umbu, D., Hiwa, J. B. K., Haluwalu, S. T., & Anggreni, P. (2022). Pembuatan Logo dan Kemasan untuk Pengembangan Nilai Ekonomis Produk UMKM Sumba Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira) Vol, 2(1).

Tranggono, D., Achmad, Z. A., Sarofa, U., & Raharja, W. T. (2022). Encouraging the Marketing Communication Strategy for UD Sumber Rejeki to Increase Fish-based Food Quality and Income. Food Technology, 1, 2.

Uchyani, R., & Irianto, H. (2015). Pengemasan Produk Dalam Meningkatkan Produk Berbahan Baku Kacang Yang Marketable. Laporan Prosiding Seminar Nasional 4th SME’s Summit Dan Awards.

Downloads

Published

2025-03-06

How to Cite

Ririn Puspita Tutiasri, Yanda Bara Kusuma, Dwi Wahyuningtyas, Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, Reza Mehdi Fauzi, & Mohammad Syarrafah. (2025). INOVASI REBRANDING DAN PENGEMASAN PADA UMKM KERUPUK KEDELAI BERKAH: MENINGKATKAN IDENTITAS PRODUK DAN DAYA SAING PASAR. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/15607

Citation Check