Upaya memperkenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris di Rumah Pintar Kampung Kokoda Melalui Media Puzzle

Authors

  • Ahmad Wael Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Rezkiah Hartanti Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Devi Irjayanti Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Fitri Fatika Astini Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v7i2.16776

Abstract

Pada era globalisasi ini, penguasaan bahasa Inggris menjadi krusial, terutama bagi anak- anak usia sekolah dasar. Salah satu aspek yang perlu dikuasai dalam bahasa Inggris adalah kosakata. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Pintar Kampung Kokoda, sebuah lembaga pendidikan non-profite, dengan tujuan memperkenalkan kosakata bahasa Inggris kepada anak-anak usia 7-8 tahun melalui media pembelajaran puzzle. Metode yang digunakan mencakup perencanaan kegiatan, pelaksanaan dengan menggunakan media puzzle, dan evaluasi berupa pre-test dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan rendahnya pemahaman kosakata awal siswa, namun setelah penerapan metode pembelajaran dengan media puzzle, post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan. Rata-rata presentase hasil post-test mencapai 68,5%, menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris pada siswa. Pendekatan pembelajaran yang menarik dan interaktif melalui media puzzle terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengingat kosakata bahasa Inggris.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Wael, A., Hartanti, R., Irjayanti, D., & Astini, F. F. (2025). Upaya memperkenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris di Rumah Pintar Kampung Kokoda Melalui Media Puzzle. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v7i2.16776

Citation Check