SOSIALISASI BERBAGAI PELUANG USAHA UMKM DAN EKONOMI KREATIF DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN PINGGIR DESA TELUKAN SUKOHARJO

Penulis

  • Istiatin Istiatin Faculty of Economics, Batik Islamic University of Surakarta, Indonesia
  • Fithri Setya Marwati UNIBA Surakarta, Indonesia

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja. Covid-19 tidak sekedar bencana kesehatan, juga menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi, tidak hanya industri besar saja yang terpapar, juga termasuk para pelaku UMKM di Indonesia. Kebijakan pemerintah seperti social distancing, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bekerja dari rumah (Work From Home), pembatasan sarana transportasi, pemutusan hubungan kerja berdampak kepada tersendatnya distribusi bahan baku dan produk UMKM. DI tengah pandemi Covid-19, ada saja peluang kerja yang bisa dimanfaatkan agar kegiatan usaha tetap berjalan, bahkan berkembang. Pola pikir yang eksploratif jadi kunci agar kegiatan usaha berlanjut di tengah krisis. Berlandaskan pada fenomena dan pemikiran yang ada, diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan minat masyarakat pada UMKM dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tetap menjalankan usaha atau memanfaatkan peluang yang ada untuk membuka usaha baru di teangah-tengah krisis pandemi yang terjadi. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan adanya berbagai peluang usaha UMKM dan ekonomi kreatif di era New Normal ketikan pandemi Covid-19 berlangsung. Target utama dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah masyarakat atau warga di Dusun Pinggir Desa Telukan Sukoharjo, terutama yang terkena dampak dari berlangsungnya pandemic Covid-19. Kegiatan PKM ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Ekonomi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta untuk membagikan ilmu pengetahuan tentang berbaga peluang usaha di masa krisis, serta melibatkan sejumlah mahasiswa Universitas Islam Batik Surakarta untuk menyalurkan informasi terkait dengan sosialisasi yang dilaksanakan. Dengan adanya program sosialisasi berbagai peluang usaha UMKM dan ekonomi kreatif di era New Normal, diharapkan target masyarakat pada kegiatan PKM ini dapat mengetahui adanya berbagai peluang usaha UMKM dan ekonomi kreatif yang dapat bertahan di masa krisis pandemi dan termotivasi untuk memanfaatkan segala peluang yang ada. Peserta dapat memperoleh informasi tentang berbagai macam usaha UMKM yang dapat bertahan di masa krisis. Para akademisi di Universitas Islam Batik Surakarta diharapkan dapat menjadi sumber ilmu, penghubung atau interface dengan pemangku kepentingan (stakeholders) UMKM serta menjadi center of excellent dalam pengembangan bisnis UMKM melalui ekonomi kreatif. Kata Kunci: UMKM, Ekonomi Kreatif, New Normal

Referensi

Kotler, Philip. (2020). The Rise of 5 New-Normal Lifestyles. https://www.marketingjournal.org/the-rise-of-5-new-normal-lifestyles-philip-kotler/.

Tambunan. (2001). Perekonomian Indonesia Teori dan Temuan Empiris. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Toffler, A..1980. The Third Wave, New York: Morrow.

Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Usaha Kecil.

Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/16/164600865/sering-disebut-sebut-apa-itu-new-normal-?page=all.

Diterbitkan

2021-02-16

Cara Mengutip

Istiatin, I., & Marwati, F. S. (2021). SOSIALISASI BERBAGAI PELUANG USAHA UMKM DAN EKONOMI KREATIF DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN PINGGIR DESA TELUKAN SUKOHARJO. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 129–140. Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/2027

Citation Check