PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI GERAKAN LITERASI PANGAN DI KOMUNITAS LITERASI TOREMAOS

Penulis

Abstrak

Salah satu tujuan pemberdayaan adalah untuk meningkatkan kemampuan kelompok masyarakat tertentu sehingga mereka memanfaatkan kemampuan tersebut beberapa hal. Masuknya pemberdayaan masyarakat pada gerakan literasi membuat gerakan tersebut mengalami transformasi dari yang sebelumnya hanya bersifat umum menjadi gerakan yang berbasis pada isu-isu yang lebih spesifik, seperti isu pangan dan gizi, politik, gender maupun kebudayaan. PKM dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Pangan Di Komunitas Literasi Toremaos†bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan serta upaya peningkatan literasi pangan dan gizi bagi anggota dan masyarakat sekitar Ruang Dapurkultur, Desa Kebunagung, Kabupaten Sumenep. PKM ini direncanakan dilakukan di Ruang Dapurkultur, di Desa Kebunagung, Kabupaten Sumenep. Pesertanya adalah anak-anak binaan dan anggota Komunitas Literasi Toremaos. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan komunikatif melalui kegiatan dongeng anak via virtual platform Zoom. Melalui pelaksanaan kegiatan PKM ini, wawasan peserta terkait materi sayur dan buah mengalami peningkatan, yaitu manfaat sayur dan buah sebesar 84,375 %, kandungan nutrisi pada buah jeruk sebesar 75%, kandungan nutrisi pada sayur bayam 81,25 % dan informasi porsi sayur dan buah setiap hari 93,75%. Peserta bisa lebih memahami manfaat sayur dan buah serta pengetahuan tentang pangan bergizi untuk anak melalui literasi.

Referensi

Fahmi F, Khaerunnisa E, Atikah C, Hilaliyah T. Desain Literasi Ketahanan Pangan Melalui Inovasi Pembelajaran Kebutuhan Belajar Siswa Pendikan Sekolah Dasar Kelas Awal. Jpsd (Jurnal Pendidik Sekol Dasar). 2018;4(1):55–69.

Safitri De, Rahayu Ns. The Effect Of Food Label Literacy Education On High School Students’ Knowledge. Argipa (Arsip Gizi Dan Pangan). 2018;3(2):91–5.

Pamungkas As. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru Sd. Jpsd (Jurnal Pendidik Sekol Dasar). 2017;3(2):228–40.

Simanjuntak Fn. Literasi Kimia Dalam Konsumsi Pangan Bergizi, Beragam Dan Berimbang Menuju Kehidupan Sehat Dan Sejahtera. Edumatsains J Pendidikan, Mat Dan Sains. 2020;5(1):65–82.

Suryani Di, Prasetyaningsih P, Biru Lt. Literasi Ketahanan Pangan: Pemanfaatan Pekarangan Guna Mendukung Ketersediaan Pangan Bergizi. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip. 2020. P. 562–9.

Kurnianingsih I, Rosini R, Ismayati N. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. J Pengabdi Kpd Masy. 2017;3(1):61–76.

Herdiana D, Heriyana R, Suhaerawan R. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan Di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. J Pengabdi Pada Masy. 2019;4(4):431–42.

Destryana Ra, Ismawati I, Putri Rd, Yuniastri R. Community Empowerment Through Agricultural Commodity Processing Training As An Effort To Improve Community Welfare In Kerta Barat Village, East Java. J Community Pract Soc Welf. 2021;1(1):1–10.

Latifah L, Sulasih S, Tisnawijaya C, Pujiastuti P. Peningkatan Kemampuan Literasi: Understanding The Genderequality In Doing The Housechores. Kommas J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1(1).

Diterbitkan

2021-10-28

Cara Mengutip

Destryana, R. A., Wibisono, A., & Hanafi, I. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI GERAKAN LITERASI PANGAN DI KOMUNITAS LITERASI TOREMAOS. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 522–529. Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3501

Citation Check