MENUJU DIGITALISASI DENGAN DIGITAL MARKETING PLANNING: IMPLEMENTASI PADA UMKM LAWEYAN SOLO

Penulis

  • Nur Prasetyo Aji Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Indah Permata Dewi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Mahendra Pamungkas Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Abstrak

Perencanaan pemasaran digital telah berkembang menjadi strategi perusahaan di era digital saat ini untuk mencapai banyak tujuan seperti meningkatkan hubungan pelanggan, meningkatkan lalu lintas situs web, meningkatkan konversi, dan meningkatkan visibilitas merek. Perencanaan pemasaran digital dalam konteks UMKM dapat membantu usaha kecil menjadi lebih kompetitif di pasar yang semakin ketat. Salah satu UMKM di Laweyan yang masih belum teredukasi dalam memanfaatkan digital marketing dalam usaha komersialnya adalah Mutiara Batik Laweyan. Penggunaan teknologi dalam bisnis dilanda sejumlah tantangan.

Biografi Penulis

Nur Prasetyo Aji, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Indah Permata Dewi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Mahendra Pamungkas, Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

Astari, N. (2021). A Literature Review: Digital Marketing Trends in Indonesia During the COVID-19 Pandemic. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 9(2), 125. https://doi.org/10.12928/channel.v9i2.20836

Fachrurazi, zarkasi, Maulida, S., Hanis, R., Yusuf, M., & Bisnis, A. (2022). Ingcreasing Micro Small Medium Enteprises Activity Entrepreneurial Capacity in the Field. Jurnal Ekonomi, 11(03), 1653–1660.

Hariyanto, Susanti, P. A., Hadjaat, M., Wasil, M., & Susilawati, A. D. (2023). Meningkatkan Literasi Teknologi di Masyarakat Pedesaan Melalui Pelatihan Digital. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.54783/ap.v4i2.24

Hilmiana, Kirana, D. H., & Rejito, C. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN TARAF KEHIDUPAN MELALUI INOVASI PRODUK BEBAS BAHAN KIMIA BERBAHAYA DI DESA PAMULIHAN KABUPATEN SUMEDANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50–53. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/26643/13802

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Sundah, P. M., Adeline, C., & Purba, H. (2021). Digitalisasi UMKM sebagai Langkah Mewujudkan Pemulihan dan Resiliensi Pelaku Usaha di Masa Pandemi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 1202–1206. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1228

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Aji, N. P., Dewi, I. P., & Pamungkas, M. (2024). MENUJU DIGITALISASI DENGAN DIGITAL MARKETING PLANNING: IMPLEMENTASI PADA UMKM LAWEYAN SOLO. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/12347

Citation Check