PENTINGNYA PEMAHAMAN KONSEP STP DAN 4 P BAGI WIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.16524Abstrak
Dalam persaingan bisnis saat ini, pemahaman konsep STP (segmenting, targeting, positioning) dan 4 P (product, price, promotion dan place)/bauran pemasaran bagi wirausaha menjadi sangat urgen agar menjadi wirausaha yang berhasil dalam berusaha. Selain itu usaha yang dikelola dapat bertahan dan berkembang  Penerapan konsep STP dan 4 P dalam pemasaran bertujuan agar produk ataupun jasa yang dihasilkan dapat diterima, disukai, dan dibeli oleh calon konsumen. Diharapkan pembelian dapat terjadi berulang kali. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan bagi para siswa angkatan 28 Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova (SKBAC) yang mayoritas telah menjalankan usaha yang berbeda jenis, seperti kuliner, laundry, biro jasa, jual beli barang bekas, jasa privat, dan sebagainya. Pemberian materi penyuluhan sangat bermanfaat bagi peserta.. Hal ini terlihat dari nilai post test yang menunjukkan peningkatan pemahaman konsep. Para peserta berharap ke depannya bisa diberikan pendalaman materi serupa dengan misalnya membahas tentang penentuan harga (pricing).
Â
Kata kunci : bauran pemasaran, positioning, segmenting, targeting, wirausaha
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah Putri Nabila dkk (2024). Analisis Strategi Pemasaran STP dan 4 P Pada Usaha Wonton, Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), Vol. 3, pp. 371 – 377
Blasius Manggu dan Sabinus Beni (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang, Sebatik, Vol. 25, No 1, pp. 27 -34, https ://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146
Emilisa, Netania, Eko Retno Indriyarti, Husna Leila Yusran, Lidia Wahyuni, Shafrani Dizar (2023). Pengabdian kepada
Masyarakat : Penyuluhan Pengetahuan Manajemen Stres Bagi Pelaku
UMKM di Azalea Depok, Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 7 (2), 81-90
Ester Melania Pasamba (2023). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Melalui Pemanfaatan Barang Bekas di
SD Kristen Wangel, ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 14-20
Febriani Wahyusari Nurcahyanti dan Siti Mudrikatul Faizah (2022). Pengaruh Strategi Pemasarsan untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM : Studi terhadap Toko Imamgift.Art, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11, No.2, pp. 302 – 315, https://doi.org/10.34308/eqien.v11i02.948
Hari Wijaya dan Hani Sirine (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap, Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 01, No. 03, pp. 175 -190
Insani, Rokhmatul , Muhammad Nasrullah , Noerma Pudji Istyanto , Tyrela Disya Arivani, Tasya Andini
Tesalonika (2022). Digitalisasi Pemesanan Air Minum Isi Ulang Pada UD. Depo Bahagia,
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6 (6), 5077 – 5085,
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11020
Muhammad Ridwan dan Hafidz Hanafiah (2021). Analisis Strategi Pemasaran Kedai Kopi Om Bewok, Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, Vol. 1, No, 3, pp. 274 – 283, https ://doi.org/10.53067/ijebef.v1i3.37
Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyaraka (2020), Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Trisakti
Ramadhan, Putri Utami Ramadhan, Ni’matul Izza, Ummi Latifah, Maria Merlynda (2022). Membangun Desa Pendidikan Melalui Penyuluhan Pendidikan Di Desa Gintung Cilejet Bogor, PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 70 – 76, https://doi.org/10.47776/praxis.v1i1.586
Yunindyawati, Eva Lidya, Lili Erina, Rinto, Yulasteriyani (2023). Sosialisasi Kewirausahaan Berbasis
Pengolahan Ikan di Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera
Selatan, Nengah, Nyappur : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 46-55