Pengembangan Soft Skills Manajamenen Waktu Melalui Psikoedukasi Untuk Siswa di SMK AL-ISLAM Surakarta

Penulis

  • Emalia Yunika Fakultas Sosial Humaniora dan Seni, Universitas Sahid Surakarta , Indonesia
  • Sri Ernawati Fakultas Sosial Humaniora dan Seni, Universitas Sahid Surakarta , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v7i2.17371

Abstrak

Perkembangan sains dan teknologi yang cepat tidak dapat dihindari oleh siapa pun termasuk siswa sekolah. Era teknologi menuntut individu untuk mampu mengembangkan potensi diri. Aspek dalam mengembangkan potensi diri merupakan soft skills. Soft skills merujuk salah satunya pada keterampilan mengelola waktu, Siswa merupakan individu yang cenderung aktif dalam mengikuti kegiatan sehingga akan membuat siswa mengalami kesulitan dalam mengelola waktu. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dengan metode psikoedukasi siswa juga dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk mengelola waktu mereka dan bertanggung jawab atas tugas mereka. Kegiatan psikoedukasi ini dilaksanakan dalam empat tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, hasil, dan evaluasi kegiatan. Peserta kegiatan ini adalah siswa SMK AL-ISLAM Surakarta. Para peserta memberikan tanggapan yang positif dan kegiatan ini berhasil dalam meningkatkan pemahaman serta penerapan manajemen waktu melalui psikoedukasi.

 

Diterbitkan

2025-08-21

Cara Mengutip

Emalia Yunika, & Sri Ernawati. (2025). Pengembangan Soft Skills Manajamenen Waktu Melalui Psikoedukasi Untuk Siswa di SMK AL-ISLAM Surakarta. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v7i2.17371

Citation Check