Implementasi SICANDU : Peningkatan Kualitas Program Posyandu Integrasi Layanan Primer di Desa Cabean Demak Berbasis WEB
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.18186Abstrak
RINGKASAN
Latar belakang kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu kualitas pelayanan dalam program posyandu ibu hamil, balita, remaja dan lansia masih secara manual sehingga kurang efisien dalam evaluasi data. Kendala dalam memecahkan permasalahan tersebut dimana kondisi pengetahuan dan ketrampilan tentang penggunaan teknology masih rendah. Fasilitas dan peralatan penunjang yang dimiliki untuk pelayanan posyadu integrasi layanan primer (ILP) masih sangat terbatas. Belum optimalnya memonitoring program posyandu integrasi layanan primer. Tujuan PKM yaitu 1) Meningkatkan kehadiran masyarakat. 2) Meningkatkan integrasi sistem penerapan posyandu program ILP. 3) Meningkatkan kemampuan dalam mengelola manajemen penerapan program posyandu ILP melalui teknologi berbasis web. 4) Meningkatkan fasilitas kesehatan yang memadai. 5) Memonitoring program posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer). Hasil dan Luaran yang diharapkan dari Pengabdian kepada Masyarakat di posyandu integrasi layanan primer dengan melalui penerapan SICANDU (Sistem Informasi Cabean Posyandu), penyelesaian dilakukan dengan cara yang terintegrasi, memadukan penyediaan sarana fisik dengan penggunaan teknologi digital. Penyediaan peralatan tambahan dan pelatihan mengenai cara merawat serta mengelola alat-alat kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan program tetap berlanjut. Penerapan SICANDU membuat pemantauan serta penilaian program posyandu yang mengintegrasikan layanan dasar menjadi lebih efektif. Para kader dan bidan di desa dapat mengawasi perkembangan kesehatan warga secara langsung, sehingga proses identifikasi awal dan tindakan kesehatan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.
Kunci: Posyandu, Integrasi Layanan Primer, SICANDU.