Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lumi Education di SMPI Al Abidin Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v7i3.18193Abstrak
Pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif dan kemandirian siswa merupakan salah satu faktor penentu efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, guru-guru perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran yang bisa memunculkan sikap aktif dan kemandirian siswa yang salah satunya diwujudkan dalam media pembeljaran yang interaktif. Meskipun demikian, tidak setiap guru di SMP Islam (SMPI) Al Abidin Surakarta memiliki kemampuan yang sama dalam hal pemanfaatan teknologi. Untuk mengatasi permasalah tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMPI Al Abidin Surakarta. Para guru dilatih agar mampu mengembangkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing dengan bantuan Lumi Education. Pelatihan dibagi menjadi dua tahap, yaitu pengembangan buku interaktif (Interactive Book) dan permainan dengan peta (Game Map). Hasilnya pelatihan mampu meningkatkan kompetensi guru-guru SMPI Al Abidin dalam membuat media pembelajaran dengan Lumi Education. Para guru mampu merancang, mengembangkan, dan menghasilkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
