PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU BAGI GURU SD/MI DI PAPUA BARAT

Authors

  • Arie Anang Setyo Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Muhamad Ruslan Layn Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia

Abstract

Abstrak Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan penguatan terkait pembelajaran abad 21 dan sistem penjaminan mutu. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu tahun pada semester ganjil dan genap tahun akademik 2020/2021. Peserta dalam kegiatan ini adalah kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang tersebar diberapa kabupaten dan kota di propinsi papua barat. Pelaksanaan pada kegiatan ini terdiri dari pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab, simulasi dan pendampingan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket yang diberikan setiap akhir kegiatan dan di analisis dengan statistik deskriptif. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah kegiatan pendampingan pembelajaran abad 21 dan sistem penjaminan mutu bermanfaat bagi peningkatan wawasan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah serta dapat meningkatkan kompetensi terkait pembelajaran abad 21 dan sistem penjaminan mutu. Abstract This activity aims to provide assistance and strengthening related to 21st century learning and quality assurance systems. This activity is carried out for one year in the odd and even semesters of the 2020/2021 academic year. Participants in this activity are school principals, teachers and education staff spread over several districts and cities in the province of West Papua. The implementation of this activity consists of material presentation, discussion and question and answer, simulation and mentoring. Data was collected using a questionnaire instrument that was given at the end of each activity and analyzed with descriptive statistics. The conclusion from the implementation of this activity is that 21st century learning mentoring activities and quality assurance systems are beneficial for increasing the insight and knowledge needed by teachers, education staff and school principals and can improve competencies related to 21st century learning and quality assurance systems.

References

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/383/362

Astenia, D., Rugaiyah, & Karnati, N. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Akreditasi Sekolah/Madrasah. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Kemendikbudristek. (2021). Nomor Sekolah / Madrasah dan Badan Akreditasi. KRITERIA DAN PERANGKAT AKREDITASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.

Permendikbud. (2016). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. 1–17.

Setyo, A. A. (2019). Kombinasi Model Pembelajaran NHT dan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 82. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.700

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Setyo, A. A., & Layn, M. R. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU BAGI GURU SD/MI DI PAPUA BARAT. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 530–536. Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3375

Citation Check