Analisis Sistem Kontrak Kerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Di Warung Kopi Sakerasumenep

ahmad rizal

Abstract

Sistem kontrak kerja merupakan suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan atau tulisan, baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban. Pada dasarnya kontrak kerja yang ada saat ini harus sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan. Permasalahan dalam pelaksanaan sistem kontrak kerja yang terjadi saat ini yaitu terdapat pada pekerja tenaga kerja itu sendiri yang lalai dalam menjalankan kewajibannya dalam bekerja dikarenakan sudah lelah, masa kontrak yang telah habis. Bagaimana sistem kontrak kerja karyawan di warung kopi sakera sumenep? Bagaimana sistem kontrak kerja karyawan perspektif ekonomi syariah di warung kopi sakera sumenep?. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih mendalam mengenai analisis sistem kontrak kerja karyawan di warung kopi Sakera Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini bahwa sistem kontrak kerja karyawan di Warung Kopi Sakera Sumenep dilakukan dengan secara tertulis dan merupakan bentuk sistem kontrak kerja karyawan yang menggunakan sistem waktu tertentu. Yang di dalamnya memuat unsur pekerjaan, pelayanan, waktu, dan upah. Karena pada dasarnya kontrak kerja karyawan yang ada di Warung Kopi Sakera itu sudah sesuai dengan undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan Ekonomi Syariah.
Kata kunci: Sistem, Kontrak Kerja, Karyawan, dan Ekonomi Syariah

Keywords

Kata kunci: Sistem, Kontrak Kerja, Karyawan, dan Ekonomi Syariah

Full Text:

PDF

References

An-Nabhani, Taqiyuddin. Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Prespektif Islam Terjemahan. Cet. II. Surabaya: Risalah Gusti. 1996.

Aziz, Hasan.Konsep Perjanjian Kerja Menurut Hukum Positif dan Hukum Islam. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2015.

Budiono, Abdul Rahmar. Hukum Perburuhan. Jakarta: PT Indeks. 2009. Ghazaly, Abdul Rahman. Fiqih Muamalat. Kencana: Jakarta. 2010.

Ibn Muhammad A.T, Abdullah. Ensiklopedi Fiqih Muamalah, dalam Pandangan 4 Mahzab. Cet 2. Maktabah Al Hanif: Yogyakarta. 2014.

Jalil, Abdul. Teologi Buruh.Yogyakarta: 2008.

Jamilah, Nur. Tinjauan Hukum Islam Terhadap perjanjian kerja menurut undangundang ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 di Perusahaan ekspor CV.Utama Jati kudus. Skripsi UIN Sunan Gunung Jati: Yogyakarta 2009.

Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kementerian Agama RI. Al-Quran dan terjemahnya. Semarang: PT Karya Toha Putra. 2007.

Koko, Kosidin. Perjanjian Kerja, Perjanjian Perburuhan dan Peraturan Perusahaan. Bandung: Mandar Maju. 2002.

Mesiono. Manajemen dan Organisi. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Moekijat. Dasar Dasar Motivasi. Bandung: Pionir Jaya. 2001. Ridwan. Fiqih Perburuhan. Cet 1. Grafindo Litera Media: Yogyakarta. 2007.

Ruslan, Rosady. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi “Konsep dan Aplikasi”. Jakarta: Grafindo Persada. 2001.

Salim. Perkembangan Hukum Kontrak. Jakarta: Sinar Grafika. 2003.

Salim. Perkembangan Hukum Jaminan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2007.

Selebesia Arum Dyah.Wanprestasi dalam Perjanjian Kerja Pada Pabrik Cambric Gabungan Koperasi Batik Indonesia Pc. Gkbi Sleman. Skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. 2018.

Slamet. Administrasi Kepegawaian.. Yogyakrta: Liberty. 1993.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta. 2015.

Susanto, Azhar.Sistem Informasi Akutansi. Bandung: Lingga Jaya. 2013.

Susanto. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya. 2013 Wawancara dengan Andi Kholis, pemiliki Warung kopi Sakera pada

tanggal 13 April. 2023.

Wawancara dengan Nurul Hidayat, karyawan Warung kopi Sakera pada tanggal 3 Juli 2023. Wawancara dengan Ainur Rahman, karyawan Warung kopi Sakera pada tanggal 4 Juli 2023.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.