Syariah Branding pada Komunitas Muslim Millenial (studi pada Sahabat Hijrah Kota Batam)

Andi Amma Ruhmah

Abstract

Abstrak
Penelitian ini menyajikan fenomena kesadaran beragama kaum muda, yang diwakili oleh Generasi Millenial. Kesadaran beragama yang dibangun dengan membentuk komunitas keagaamaan , selaras dengan Keputusan mereka dalam memilih produk syariah (Syariah branding) dan memberi potensi untuk membentuk pasar. Metode yang digunakan adalah mix method, dan perolehan data diperoleh melalui sebaran kuisioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang terus berkembang bagi generasi millenial dan kesadarannya akan pemahaman agama yang dibentuk melalui komunitas dan dapat membentuk budaya popular (Pop Culture) misalnya tren hijrah untuk menjawab peradaban yang semakin kompleks.

Kata Kunci : Syariah Branding, Muslim Millenial, dan Budaya Populer

Keywords

Syariah Branding, Muslim Millenial, dan Budaya Populer

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

A. Muri yusuf, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Kencana, 2014 )

Ahmad Subakir dkk, Harmoni Agama dan Sains Antologi Esai Spirit Bangkit Pasca Pandemi (literasi Nusantra Abadi : Malang, 2021) “http://repository.iainkediri.ac.id/612/1/Rev%20Harmoni%20Agama%20Dan%20sains.pdf#page=53

Alannawa , Sonia Rosta “Strategi Islamic Branding Lembaga Fintech Syariah dalam Menarik Minat Funder dan Beneficiary: Studi pada ALAMI Fintech Sharia”http://jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/tasyri/article/view/482 (2023)

Heikal, Mohd. “Islam dan Modal Sosial”, Gema Baiturrahman Online (2011). http://www.gemabaiturrahman.com/2011/12/islam-dan-modal-sosial.html

Herlina Yustati, Implikasi Strategi Pemasaran Melalui Komodifikasi Analisis manajemen industri halal perspektif ekonomi Islam. Agama di Indonesia, Al-Intaj Vol.3. No.2, (2017).

Hermawan Kertajaya, Muhammad Syakir Sula “Syariah Marketing” (Mizan :Bandung, 2006) https://www.google.co.id/books/edition/Syariah_Marketing/zo9N4Z64TywC?hl=en&gbpv=1&dq=syariah+loayalist&pg=PA167&printsec=frontcover

Kusumastuti, Dani Minat Beli Produk Halal di Indonesia Studi Pemetaan Sistematis. Jurnal MAnajemen Bisnis Syariah (2020) https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/mabsya/article/view/3929/2271

Muhammad Khozin Ahyar, Agung Abdullah “Membangun Bisnis dengan Ekosistem Halal” Jurnal Pasar Modal dan Bisnis The Indonesia Capital Market Instutite.

Siti Kalimah, Nur Fadilah. “Marketing Syariah: Hubungan antara Agama dan Ekonomi” (LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi, 2017)

Suharto, Edi. “Islam, Modal Sosial dan Pengentasan Kemiskinan” (2007):3.

Wahyudi , Muhammad dan Aria Zara Tania Rahmadi. “pengaruh digitalisasi, religiusitas dan kualitas produk Terhadap kepercayaan merek serta implikasinya pada Keputusan pembelian produk Produk halal”http://ojs.jurnalrekaman.com/index.php/rekaman/article/view/151/140(Jurnal Rekaman, Juni 2022)

Yanwar Pribadi, Zaki Ghufron “Komodifikasi Islam dalam Ekonomi Pasar: Studi tentang Muskim Perkotaan di Banten ” (2019) https://journal.umy.ac.id/index.php/afkaruna/article/view/6108

Saputra, Eko “ngaji asik sambil ngopi: strategi branding komunitas “teras dakwah” di yogyakarta, Indonesia” Diakses melalui laman: http://ejournal.uinsuka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/article/view/2313 (2022)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.