Etika Pemasaran Islam dan Kualitas Layanan sebagai Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Fashion Muslim Shopee
Keywords:
E-commerce, Muslim Fashion, Islamic Marketing Ethics, Service Quality, Customer SatisfactionAbstract
Komoditas halal merupakan salah satu komoditas yang paling banyak diminati oleh mayoritas Muslim di Indonesia. Fashion Muslim menjadi salah satu komoditas yang paling diminati oleh Muslim Indonesia. Kehadiran E-Commerce seperti Shopee dan lainnya memudahkan Muslim Indonesia untuk mendapatkan fashion Muslim kontemporer. Hal ini membuat banyak E-Commerce berlomba-lomba meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan berkualitas dan pemasaran yang sesuai dengan etika Muslim Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Etika Pemasaran Islam dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee di Kota Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah SPS. Untuk mewakili seluruh populasi penelitian, dipilih 100 responden yang dijadikan sampel penelitian. Temuan dalam penelitian ini adalah Etika Pemasaran Islam berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini sejalan dengan teori TQM yang menekankan fokus pada kepuasan pelanggan melalui optimalisasi daya saing melalui kualitas produk dan layanan yang berdampak pada kinerja bisnis. Kualitas layanan juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan fashion Muslim. Temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara simultan dari variabel Etika Pemasaran Islam dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis online untuk lebih meningkatkan etika dan kualitas layanan guna meningkatkan bisnis.
References
Aamir Abbas, Qasim Ali Nisar, Mahmood A. Husain Mahmood, Abderrahim Chenini, A. Z. (2022). The role of Islamic marketing ethics towards customer satisfaction. Journal of Islamic Marketing, 11(4), 1001–1018. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2017-0123
Agus Sriyanto, & Riko Ulanda. (2024). The Influence of Product Quality, Trust, and Service Quality on Consumer Satisfaction. International Journal of Management Research and Economics, 2(2), 12–23. https://doi.org/10.54066/ijmre-itb.v2i2.1705
Akmal, E., Panjaitan, H. P., & Ginting, Y. M. (2023). Service Quality, Product Quality, Price, Promotion, and Location on Customer Satisfaction and Loyalty in CV. Restu. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.35145/jabt.v4i1.118
Akmala, Z., & Ridwan, A. A. (2022). Pengaruh Etika Pemasaran Islami Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Fashion Muslim E-Commerce Shopee dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(3), 199. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n3.p195-213
Azizah, N. F., Puspakaritas, N. F., Pramesti, V. A., Putri, Y. A. S., & Azizah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee. JABEISTIK : Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 56.
Dwi Jayanti, S. (2022). Analysis of Self-Service Quality on Customer Satisfaction at All You Can Eat Restaurants in Bandung City, Indonesia Analisis Kualitas Layanan Self-Service terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran All You Can Eat Kota Bandung, Indonesia. International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 3(3), 71–80.
Efraim Turban, Jon Outland, David King, Jae Kyu Lee, Ting-Peng Liang, Deborrah C. Turban, E. (2018). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. In Springer International Publishing AG. Springer International Publishing AG.
Febriana, A., & Lestari, D. (2024). PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS THE INFLUENCE OF ISLAMIC BUSINESS ETHICS AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION OF IKHLAS BERAMAL. 10(02), 236–250. https://doi.org/10.19109/zfg3be70
Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajamen. BP Universitas.
Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52–62. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99
Fitria, T. N. (2025). E-Commerce Marketing Strategies: Exploring Promotional Tools in the Muslim Fashion Industry. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(02). https://doi.org/10.29040/jiei.v11i02.16968
Huda, N. (2017). Pemasaran Syariah Teori Dan Aplikasi. Kencana.
Ika Susanti, N., & Eka Nurdiana, M. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Ausath Mart 1 Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(1), 124–143. https://doi.org/10.30739/jesdar.v4i1.1975
Isnaini Nur Safitri, & Unik Dwi Lestari. (2023). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction, Customer Loyalty, and Customer Engagement for Private Bank Customers in Tangerang. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(9), 2305–2320. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i9.5641
Melania, F. A., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Penerapan Etika Pemasaran Islami Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Produk Chiztikk Surabaya). Jurnal Iqtisaduna, 8(1), 43–56. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29069
Moh. Nasuha. (2006). Islamic Marketing (1st ed.). Lingkar Media.
Mondir, M., & Rahma, S. H. (2024). The mediating effect of perceived value on customer loyalty of BMT NU East Java. Review of Islamic Social Finance and Entrepreneurship, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.20885/risfe.vol3.iss1.art7
Nasuka, M., Wijaya, T., & Hidayat, A. (2021). The role of Islamic marketing ethics for customer loyalty in Islamic banking through customer satisfaction. Economic Annals-XXI, 187(1–2), 189–196. https://doi.org/10.21003/EA.V187-18
RI, K. P. (2024). Kemendag Terima 7.707 Laporan Pengaduan dari Konsumen Sepanjang 2023, Ini Rinciannya. https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/kemendag-terima-7707-laporan-pengaduan-dari-konsumen-sepanjang-2023-ini-rinciannya
Sajjad Shokouhyar, Sina Shokoohyar, S. S. (2022). Research on the influence of after-sales service quality factors on customer satisfaction. Journal of Retailing and Consumer Services, 56, 102–139. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102139.
Shahzad, K., Quresh, M., Ahmed, M., Khan, M. H. N., & Jamshed, K. (2023). The Role of Marketing Ethics in Ensuring Clients’ Satisfaction. Journal of Social Sciences Review, 3(2), 871–882. https://doi.org/10.54183/jssr.v3i2.325
Syafi’i, M., Mondir, M., Zikwan, M., & Anwar, Z. (2023). The Effect of Islamic Marketing Mix towards Costumer Loyalty and Customer Satisfaction on Shopee Millennial Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4209. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.9685
Tengku Ine, H., & Irawan, N. (2024). The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: A Case Study. International Journal of Applied Finance and Business Studies, 11(4), 913–921. https://doi.org/10.35335/ijafibs.v11i4.261
Downloads
Published
Versions
- 09-05-2025 (2)
- 29-04-2025 (1)
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.