Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Yogyakarta

Ardiyanto Ardiyanto, Oka Widana

Abstract


This study examines the influence of Sharia financial literacy, religiosity, and marketing mix strategy on the decision to become a customer of Islamic banks in Yogyakarta. The research employs a descriptive analysis approach and collects data using questionnaires. A sample of 100 randomly selected Yogyakarta residents was analyzed. Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS 4.0 software was used to test the hypotheses. The results indicate that: (1) Sharia financial literacy does not positively influence the decision to become an Islamic bank customer. (2) Religiosity positively influences the decision to become an Islamic bank customer. (3) The marketing mix strategy positively influences the decision to become an Islamic bank customer. These findings provide valuable insights for Islamic banking institutions to refine their strategies and attract more customers.

Keywords


Islamic bank, Islamic financial literacy, religiosity, marketing mix, Structural Equation Modeling.

Full Text:

PDF

References


-Article Text-147-1-10-20210718. (n.d.).

-ID-analisis-keputusan-nasabah-menabung-pendekatan-komponen-dan-model-logistik-studi. (n.d.).

Aditya Wardhana. (2024). PERILAKU KONSUMEN DI ERA DIGITAL (Mahir Pradana, Ed.). EUREKA MEDIA AKSARA, JANUARI 2024.

Adiwarman. (2017). Bank Islam: analisis fiqih dan keuangan.

Amanda, D., Lidyah, R., & Maulana, C. Z. (2023). Peran Sikap dalam Memediasi Pengaruh Religiusitas terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 12(1), 16–20. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i1.15909

Budi, I. (2023). Analisis pengaruh bauran pemasaran syariah terhadap keputusan mahasiswa memilih prodi ekonomi syariah uniska kab. banjarmasin. WI, 9(2), 194-218., 194–218.

Dini, Erika. , S. M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Produk Perbankan Syariah: Studi Kasus pada Mahasiwa Program Studi Perbankan Syariah Umsu. Al- Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis Syariah, 3.

Dwi Tamara, L., & Eko Yulianto, A. (n.d.). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH PT BANK JATIM KCP UNTAG SURABAYA (Studi kasus pada produk tabungan simpeda di PT Bank Jatim KCP UNTAG Surabaya).

Fachrozi., K. Tondoyekti. , Mariana. , H. Khotmi. (2024). Unveiling the Interplay of Sharia Investment Product Knowledge, Religiosity, and Financial Literacy as a Moderator of University Student’s Investment Decisions. Al- Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis Syariah,.

Fadilla, N., Syahriza, R., Harianto, B., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2024). Pengaruh Promotion, Service Quality, and Customer Experience Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Medan Pulo Brayan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(02), 1514–1523. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13315

Ghozali, L. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Journal Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Handida, R. and S. M. (2019). Pengaruh tingkat pengetahuan, kualitas layanan, dan tingkat literasi keuangan syariah terhadap pengambilan keputusan masyarakat muslim menggunakan produk perbankan syariah di daerah istimewa yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 84–90.

Ma, S. (n.d.). INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION: A LITERATURE REVIEW. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Madaniah Nasution, A., & Suprayitno, E. (n.d.). Pengaruh Penggunaan E-Banking dan Perlindungan Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1205–1213. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4595

Muksal, M. , F. H. , & M. R. (2023). Faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah bank aceh syariah. Ekobis Syariah,. 26.

Rachmawati, A., & Widana, G. O. (2019). Pengaruh consumer knowledge, brand image, religiusitas, dan lokasi terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Syariah. LiQuidity: Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 111–123.

Rahmat Akbar, Y., & Zain, I. (2019). ANALISIS DIMENSI SERVICE MARKETING MIX SEBAGAI PENGUKUR KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH DI PEKANBARU. Jurnal Tabarru’:Islamic Banking and Finance.

ririn,+Journal+editor,+04. (n.d.).

Salsabila, N. R., Diny Hidayatullah, A., & Hussin, N. S. (n.d.). BANK SYARIAH SEBAGAI ALTERNATIF PEMBIAYAAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI UMAT. Doi Ekonomi Islam, 14(1), 2023. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei

Shar, A., & Fitri, M. (n.d.). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA BENGKULU.

Shiau, W. L., Sarstedt, M., & Hair, J. F. (2019). Internet research using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). In Internet Research (Vol. 29, Issue 3, pp. 398–406). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/IntR-10-2018-0447

Siregar, D. L., Yusran, R. R., & Agustini, T. (2019). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Studi Kasus pada Bank Syariah di Kota.

Sopiah & Sangadji. (2018). Manajemen sumber daya manusia strategik.

Sugiarti, D. (2023). Literasi Keuangan Syariah Generasi Z dan Minatnya pada Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Siswa SMK di Jakarta). https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7991

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. . ALFABETA.

Susriyanti, S., Yulasmi, Y., & Yeni, F. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Syariah, Kecerdasan Spiritual Dan Persepsi Dalam Membentuk Perilaku Masyarakat Untuk Keputusan Penggunaan Produk Bank Syariah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), 81–89. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i4.428

Triani, A. and M. H. (2019). Peningkatan pengalaman keuangan remaja untuk literasi keuangan syariah yang lebih baik. I-Finance a Research Journal on Islamic Finance, 5(1), 9–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v10i3.15073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN 2477-6157 l E-ISSN 2579-6534

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

web analytics

situs toto