This is an outdated version published on 29-04-2025. Read the most recent version.

Strategi Peningkatan Pendapatan UMKM di Desa Laden Melalui Penerapan Sertifikasi Halal

Authors

  • Salamatul Maufiroh IAIN Madura
  • Mohammad Hamim Sultoni

Keywords:

BPJPH, Halal Certification, Income Increase Strategy, MSMEs, MUI.

Abstract

Industri halal merupakan sektor yang tengah berkembang pesat dan memiliki potensi besar dalam perekonomian khususnya di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya suatu produk yang memenuhi standar halal juga akan semakin diperhatikan. Oleh karena itu, UMKM di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang melalui Sertifikasi Halal khususnya UMKM di Desa Laden Pamekasan, dengan Sertifikasi Halal dapat menjadi sarana strategis untuk meningkatkan pendapatan dan daya saing serta membuka akses pasar yang lebih luas, namun masih ada beberapa pelaku UMKM di Desa Laden belum memanfaatkan kesempatan Sertifikasi Halal sehingga daya saingnya akan kalah dengan UMKM yang sudah tersertifikasi halal. Dalam hal ini pemerintah mewajibkan seluruh produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikat halal dengan cara diakui kehalalannya oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal (UU JPH). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan menggunakan studi banding pada beberapa pelaku UMKM di Desa Laden Pamekasan.

References

Abel. (2024). Seblak Salad Buah Suka-Suka, Wawancara.

Aisyah. (2025). Pelanggan Teras Rumah dan Seblak sakera.

Bagus. (2024). Ayam Geprek Asoka, Wawancara.

Fajar. (2025). Jus Buah Sehat: Wawancara.

Hadi Mustofa, B., & Luhur Prasetiyo. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Sertifikasi Halal di Kabupaten Ponorogo. Istithmar, 7(2), 159–172. https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i2.716

Haleem, Abid, M. I. K. dan S. K. (2019). Halal Certification,The Inadequacy,of Its Adoption, Modelling and Strategising The Efforts. Journal Of Islamic Marketing.

Irene Svinarky, P. M. (2020). Penerbitan Sertifikat Halal Berdasarkan Perspektf Hukum Di Indonesia. Jurnal Cahaya Keadilan, 8(1), 75.

Kemenag. (2024a). Pernyataan Penting H. Muhammad Ali Ridha, Anggota Komisi VIII DPR RI tentang Perpanjangan Program Sertifikasi Halal Diakses dari http://kemenagpamekasan.com.

Kemenag. (2024b). Pernyataan Penting Hartono, Ketua Satgas PPH tentang Sertifikasi Halal. Diakses dari http://kemenagpamekasan.com.

Lutfiyanti, E. (2025). Karyawan Laundry: Max Coin Wawancara.

Melissa Aulia Hosanna, S. A. N. (2014). PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL TERHADAP PENDAFTARAN SERTIFIKAT HALAL PADA PRODUK MAKANAN. Jurnal Hukum Adigama.

Muzammil, A. (2025). Pelaku UMKM: Owner Teras Rumah dan Seblak Sakera, Wawancara.

Nasa. (2025). Pemilik Laundry: Nasa Laundry, Wawancara.

Nasrullah A. (2018). Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha Di Indonesia. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah.

Qutsiyah. (2025). Pembeli Es Teh Jumbo, Wawancara.

Rini. (2025). Pelaku UMKM: Bakso Niki Sami, Wawancara.

Siti Indah Purwaning Yuwana, H. H. (2021). Literasi Produk Bersertifikasi Halal Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 104–112. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.44

Sopa. (2013). Sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia: Studi Atas Fatwa Halal MUI Terhadap Produk Makanan,Obat-Obatan dan Kosmetika. Gunung Persada Press Group (GP Press).

Susanti, D. O. (2021). Halal Characteristics of Micro, Small and Medium Enterprises Products in Patemon Village, Krejengan District,Probolinggo Regency. NOTARIIL Jurnal Kenotariatan.

Syaifudin, M. R., & Fahma, F. (2022). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha UMKM Mendoan Ngapak. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(1), 40. https://doi.org/10.20961/performa.21.1.52537

Syarofi, M. (2024). PENDORONG PERCEPATAN: Program Sertifikasi Halal. CV. Adanu Abimata.

Tio, E. (2025). Pelaku UMKM: Owner Teh Poci, Wawancara.

Wicahyono, A. (2023). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Kripik ASAN 96. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5646–5651. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/2453%0Ahttps://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/download/2453/2050

Zainurrohman, R. R. Z. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN UMKM HALAL DI INDONESIA. I’thisom: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 28.

Published

29-04-2025

Versions

How to Cite

Maufiroh, S., & Mohammad Hamim Sultoni. (2025). Strategi Peningkatan Pendapatan UMKM di Desa Laden Melalui Penerapan Sertifikasi Halal . Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(02). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/16990

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.