PERAN EKONOMI KREATIF TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v11i03.17202Keywords:
Creative Economy, Economic Growth, GDPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bidang ekonomi kreatif yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, mengukur kontribusi sektor tersebut terhadap PDB nasional, memberikan rekomendasi pengembangan ekonomi kreatif agar lebih maksimal dalam mendukung perekonomian, dan memaparkan ekonomi kreatif menurut perspektif Islam berdasarkan Al-Quran dan Sunnah, dengan harapan dapat memberikan wawasan komprehensif mengenai peran dan potensi ekonomi kreatif di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder seperti; referensi, jurnal, buku, atau data dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Cara atau teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain merumuskan pertanyaan penelitian, mencari sumber-sumber pustaka, dan mengevaluasi sumber-sumber pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi kreatif sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan kontribusi besar pada PDB, lapangan kerja, dan devisa. Kuliner, kriya, dan fesyen adalah subsektor utama penyumbang PDB. TV/radio, film/animasi/video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual mengalami pertumbuhan pesat.Pengembangan ekonomi kreatif memerlukan strategi komprehensif: infrastruktur, SDM, akses modal, HKI, promosi, dan kerja sama. Prinsip Islam dapat menjadi landasan etis dan bermanfaat bagi ekonomi kreatif.
References
Adisasmita, Rahardjo. (2013). Teori-teori Pembangunan Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Wilayah: Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ali, N. (2018). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Tulung Agung Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu (Pengrajin Anyaman Bambu). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Amsari, S., & Anggara Windu. (2023). Ekonomi Kreatif (1st ed., Vol. 1).
Anggraeni , Eka Sulistya dan Nisa, Fauzatul Laily, Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melalui Ekonomi Kreatif, Jurnal Inovasi Bisnis Indonesia (JIBI) Volume 1, Nomor 4 (2024)
Arsyad, Lincolin. 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. BPFE. Yogyakarta
Badan Pusat Statistik (2020)
Firdaus, Azka Rifqi; Vynatria, Anggun Devaga; Husna, Siti Lulu'ul; Alfareza4, M. Fian Nur; Hidayah, Asmi Ayuning, Ekonomi Kreatif Sebagai Lokomotif Baru Perekonomian Indonesia Menuju Indonesia Yang Maju, MANABIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis) Vol. 3 No. 2 (Juni 2024) 44-52
Hafiza, D. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Produk HWI (Health Wealth International). Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Humaniora, 2(02), 11-11.
Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. Penguin Books.
Kurniawan, A. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia: Potensi dan Tantangan. Jurnal Ekonomi Kreatif, 12(2), 123-138.
Kemenparekraf (2023)
Malthus, T. R. (1798). An Essay on the Principle of Population. J. Johnson.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Pratama, D. & Sulaiman, M. (2019). Ekonomi Digital dan Peranannya dalam Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Ekonomi, 10(4), 78-92.
Purnomo, Rochmat Aldy, Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia, (Surakarta: Ziyad Visi Media,2016),
Reni, W. N. (2021). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam ransaksi Jual Beli Online di Tokopedia (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Ricardo, David . 1971 (1817). The Principles of Political Economy and Taxation. Baltimore: Penguins.
Rostow, W. W. (1960). The Stages of Economic Growth: A Non-Communist Manifesto. Cambridge University Press.
Ruslang, R. (2021). Ekonomi Syariah Judul tesis: Etika Bisnis Seller Berdasarkan Maqashid Syariah dalam Mewujudkan Sustainabilitas E-Commerce Shopee Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sari, D. Y. (2022). Penjualan Makanan Online di Facebook Sistem Cash On Delivery Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pedagang di desa Karya Mulya Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko) (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Smith, A. (1776). An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. W. Strahan and T. Cadell.
Smith, J. (2020). The Role of Creative Economy in Economic Growth. International Journal of Creative Industries, 5(3), 45-60.
Sugiyono (2017) . Transaksi E-Commerce Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Sistem Jual Beli Online Di Kota Medan). Diss. 2022.
Suryana, 2000. Ekonomi Pembangunan: Problematika serta Pendekatan, Jakarta: Salemba Empat
Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif. Salemba Empat.
Syafitri, Aulia Daisy Arsy dan Nisa, Fauzatul Laily , Perkembangan serta Peran Ekonomi Kreatif di Indonesia dari Masa ke Masa, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, Vol.2, No.3 Juli 2024
Flick, U. (2006). An Introduction to Qualitative Research. London: SAGE Publications.
Downloads
Published
Versions
- 23-06-2025 (2)
- 23-06-2025 (1)
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.