Peran Manajemen Kepemimpinan, Pelatihan Dan Supervisi Terhadap Pedagogical Content Knowledge Di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2527Keywords:
Manajemen, Leadership, Madrasah, Training and SupervisionAbstract
References
Ahmad, Erni C., Isa, Abd Hamid., Zubaidi, Mohammad. 2020. Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di Tk Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Tema: Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Sentra Alam dengan Pendekatan saintifik pada masyarakat Teluk Tomini Gorontalo, 8 September 2020 ISBN: 978-602-74311-5-7
Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Andriani, D. E. (2010). Mengembangkan profesionalitas guru abad 21 melalui program pembimbingan yang efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 111985.
Anuli, Yahya. (2018). Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 6, No, 1.
Aseltine, J. M., Faryniarz, J. O., dan Rigazio-DiGilio, A. J. (2006). Supervision for Learning. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development
Aslichati L, Prasetyo B, Irawan P. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.
Avkiran, N. K. dan Ringle C. M. (2018). Partial Least Squares Struktural Equation Modeling. Gewerbestrasse, Switzerland: Springer
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-28.
Bass, B. M., dan Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (Second Edition). London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers
Bernard, J. M. dan Goodyear, R. K. (2014). Fundamental of Clinical Supervision (Fifth Edition). London: Pearson Education Limited
Biro Pusat Statistik, Data Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Kudus (Up date 15 Juni 2020) diakses dari https://www.bps.go.id
Brundrett, M., Burton, N., dan Smith, R. (2003). Leadership in Education. London: SAGE Publication
Cleveland, J., Stockdale, M. & Murphy, K. R. 2000. Women and Men in Organizations. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Creemers, B., Kyriakides, L., dan Antoniou, P. (2013). Teacher Professional Development for Improving Quality of Teaching. New York: Springer Dordrecht Heidelberg
Daryanto dan Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Daryanto dan Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, 90
Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
DÃaz-maggioli, G. (2004). Professional Development. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD)
Dirjen GTK, Kemendikbud. (2018). Modul Supetvisi Akademik - Pedidikan dan Pelatihan Fungsional Calon Pengawas Sekolah dan Penguatan Kompetensi Pengawas. Jakarta: Kemendikbud, Dirjen GTK, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan
Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219.
Garson, G. D. (2016). Partial Least Squares: Regression & Structural Models. Ashebero, USA: Statistical Publishing Associates
Guerriero, S. (2013). Teachers’ Pedagogical Knowledge and the Teaching Profession: Background Report and Project Objectives. dikutip di: http://www.oecd.org/education/ceri/Background_document_to_Symposium_ITEL-FINAL.pdf
Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. Edukasi Volume 10 Nomor 3 September - Desember 2012. h. 362 – 377
Hair, J. F., Hult, G.T.M., Ringle, C. M., dan Sarstedt, M. (2014). A Primer On Partial Least Squares Struktural Equation Modeling (PLS-SEM). California: SAGE Publication, Inc.
Hasanah, D. S., Fattah, N., & Prihatin, E. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) kepemimpinan guru dan iklim kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 90-105.
Hasanah, D. S., Fattah, N., & Prihatin, E. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) kepemimpinan guru dan iklim kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 90-105.
Herring, M. C., Koehler, M. J. dan Mishra, P. (2016). Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators (Second Edition). New York: Routledge
Hume, A. et al. 2019. Repositioning Pedagogical Content Knowledge in Teachers' Knowledge for Teaching Science. Singapura: Springer Nature Singapura
Husain, S. N. (2014). Peranan Pengawas Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di Kota Kendari. Selami, 2(40), 221409.
Kayıkçı, Kemal., Yılmaz, Ozan., Şahin, Ahmet. 2017The Views of Educational Supervisors on Clinical Supervision. Journal of Education and Practice Vol.8, No.21,
Kemendikbud, 2020, Neraca Pendidikan Daerah, diakses di https://npd.kemdikbud.go.id/ tgl 5 April 2021
Kemendikbud. (2018). Modul Supetvisi Akademik - Pedidikan dan Pelatihan Fungsional Calon Pengawas Sekolah dan Penguatan Kompetensi Pengawas. Jakarta: Kemendikbud,Dirjen GTK, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan
Kivunja, C. (2015). Unpacking the Information, Media, and Technology Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1), 166-181.
Kleickmann, T., Richter, D., Kunter, M., Elsner, J., Besser, M., Krauss, S., & Baumert, J. (2013). Teachers’ content knowledge and pedagogical content knowledge: The role of structural differences in teacher education. Journal of teacher education, 64(1), 90-106.
Koehler, M. J. dan Mishra, P. (2008). Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) for Educators. New York: Routledge
Makawimbang, J. H. (2013). Supervisi Klinis Teori dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model†Keterampilan abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).
Masliah, E. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(2), 125-134.
Mishra, P. dan Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Colombia: Teacher College, Colombia University
Munawaroh, Yuniarti Desi, & Memi Nor Hayat. 2015. Analisis Regresi Variabel Mediasi dengan Metode Kausal Step. Jurnal EKSPONENSIAL Volume 6, Nomor 2
Munawaroh, Yuniarti Desi, & Memi Nor Hayat. 2015. Analisis Regresi Variabel Mediasi dengan Metode Kausal Step. Jurnal EKSPONENSIAL Volume 6, Nomor 2
Nurcholiq, M. (2018). Supervisi klinis. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-25.
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 7-14.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Pratiwi, D. P., Risnani, L. Y., & Nofiana, M. (2019). Profil Life and Career Skills Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Banyumas dalam Konteks 21st Century Skills. Bioedukasi, 10(2), 112-132.
Rachmawati, Y. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol 01 No 01, 19-28
Rahawarin, C. dan Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Volume 3, No, 2 173-188
Risnawati, (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sbderstrbrm, T., From, J., Lbvqvist, J & Tornquist, A. 2011. From distance to online education: Educational management in the 21th century. Annual Conference Dublin.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 10-18.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiuyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta
Suharsaputra, U. (2018). Supervisi Pendidikan Pendekatan Sistem Berbasis Kinerja. Bandung: PT Refika Aditama
Sukayana, I.W., Yudana, M., dan Divayana, D. G. H., 2019, Kontribusi Kepemimpinan Transformasional,Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik,Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Kerthawisata Denpasar, JAPI, Vol. 10 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2019, 157 – 162
Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Supriyanto. 2009. Metodologi Riset Bisnis. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Indeks
Syahputra, E. (2018, March). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (Vol. 1, No. 1, pp. 1277-1283).
Syahputra, I., & Jufrizen, J. (2019). Pengaruh Diklat, Promosi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 104-116.
Sumadi, S. (2017). Peran Manajemen Syariah Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Islam Di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(02), 112-124.
Triling, B. dan Fadel, C. (2009 ). 21st Century Skills - Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass
Triling, B. dan Fadel, C. (2009). 21st Century Skills - Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional. Republik Indonesia, Jakarta, h.8.
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen
Utami, Sri. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan. di Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Volume 2 Issue 1, 518-527
Uzzo, S.M., Graves, S.B., Shay, E., dan Haford, M. (2018). Pedagogical Content Knowledge in STEM: Research to Practice. Switzerland: Springer
Watkins, C. E. dan Milne, D. L. (2014). Clinical Supervision. West Sussex, UK: John Wiley & Sons, Ltd.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Wiratama, I. N. J. A., & Sintaasih, D. K. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Diklat, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan.
Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 177-189.
Xiaoxia, P., Xiaoxia, P., dan Jing, W. (2006). Transformational Leadership VS. Transactional Leadership - The Influence of Gender and Culture on Leadership Styles of SMEs in China and Sweden. (The Department of Business Studies Master in International Business FEC 685, Master Dissertation December 2006)
Yamin, S. (2021). Menguasai Smart PLS 3 dalam 5 Jam (Mudah dipahami dan Dipraktikkan). Depok: Bumi Statistika Consulting
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.