Tata Kelola Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Kota Magelang
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2662Keywords:
governance, character building, madrasaAbstract
References
Andayani, D. (2010). Pedidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.
Anwar, S. (2014). Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Modern Sahid, Bogor, Jawa Barat. EDUKASI, 12(3), 323–337.
Baharuddin, & Makin, M. (2010). Manajemen Pendidikan Islam, Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN-Maliki Press.
Cropley, A. (2019). Introduction to Qualitative Research Methods. Riga, Latvia: ZinÄtne. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3095.6888
Everard, K. B., Morris, G., & Wilson, I. (2004). Effective school management. Effective School Management (4th ed.). London: SAGE Publication Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446211427
Gunarto. (2004). Konsep Kurikulum di Indonesia. Bandung: Rosda Karya.
Haryanti, N. (2013). Implementasi Pemikiran KH Hasyim Asy’ari tentang Etika Pendidik. Episteme, 8(2), 439–450.
Hoover, E. A. (2000). Getting Along in Family Business The Relationship Intelligence Handbook. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Hujair, A. ., & Sanaky. (2003). Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.
Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Kneller, G. F. (1996). Logic and language of Education. New York: Jhon Willey and Inc.
Kosim, M. (2011). Urgensi pendidikan karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 84-92.
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01).
Lickona, T. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Bandung: Nusamedia.
Lickona, T. (2015). Character Matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maemonah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah. Al- Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 41–50.
Mahmud, A. A. H. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani Pres.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Kencana.
Muzayanah, U. (2014). Manajemen Madrasah sebagai Media Strategis Pendidikan Karakter. Analisa, 21(02), 279–289.
Nata, A. (2011). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Purwanto, M. N. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia Group.
Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 1–10.
Salim, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya). TARBAWI, 1(02), 1–16.
Samsudin. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarjuni. (2018). Konsep Ilmu dalam Islam dan Implikasinya dalam Praktik Pendidikan. Al Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 47-57.
Schein, E. H. (2008). Organizational Culture and Leadership. San Fransisco: Jossey-Bass.
Sukirman, Hawi, A., & Alimron. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Tadrib, 3(2).
Sulhan, A. (2015a). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Mutu Lulusan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sulhan, A. (2015b). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Multikasus di MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Lombok Barat dan SMA Negeri 2 Mataram). UIN Maulana Malik Ibrahim.
Supa’at. (2014). Model Kebijakan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, IIII (1), 203–225. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.203-225
Tantowi, J. (1983). Unsur-Unsur Manajemen dalam Al-Quran. Jakarta: Pustaka Al- Husna.
Tim Penyusun PPK. (2016). Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Wiyani, N. A. (2012). Desain Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.