Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pelaku UMKM Keripik Pisang di Jl. ZA. Pagar Alam)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3912Keywords:
Competitive Strategy, Swot Analysis, UMKMAbstract
References
al, A. I. (2020). Etika dan Konsep Manajemen Bisnis Islam. Bandung: CV. Budi Utama .
al, A. R. (2015). Berbagai aspek ekonommi. Yogyakarta: Tiara Waca.
al, M. R. (2016). Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (studi kasus pada multi mart ranotama manado). Jurnal EMBA , 16.
al, P. A. (2019). Strategi bersaing dalam perspektif militer dan bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
al, W. R. (2020). Kewirausahaan dan strategi bisnis. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Andriyanto, I. d. (2018). Analisis SWOT dalam pengembangan bisnis (Studi pada sentra jenang di Desa Kaliputu Kudus). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam , 363.
Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Ardianto, D. E. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bilung, S. (2016). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor honda pada CV Semoga Jaya di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Ejurnal Administrasi Bisnis , 116-127.
Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan Teori kasus dan solusi. Bnadung: Alfabeta.
Febriyanti, M. K. (2018). Penyususnan strategi pemasaran islam dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi covid-19. Jurnal Of Islamic , 160-178.
Fitriadi Barkah, S. S. (2016). Strategi Bersaing : Suatu Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ekonomi Bisnis , 94.
Freddy, R. (2017). Analisis SWOT teknik membelah kasus bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi bertahan UMKM di tengah pandemi covid-19 . Jurnal Akuntansi dan Ekonomika , 89-98.
Heidjarachman, R. (2016). Pengantar ekonomi perusahaan buku 2. Yogyakarta: BPFE.
Hutabarat Jemsly, M. H. (2016). Proses, formasi dan implementasi manajemen strategi kontemporer operasionalisasi strategi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Joko, S. (2015). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Mufti Mubarok, M. (2013). Manajemen Praktis Kewirausahaan. Surabaya: Graha Pustaka Media Utama.
Mulyana, P. S. (2019). Membangun keunggulan bersaing melalui strategi umbrella brand. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan , 303-312.
Munawaroh, R. H. (2016). Pengaruh penerapan nilai-nilai kewirausahaan islami terhadap keberhasilan usaha (studi pada pengusaha UMKM) muslim di kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis , 262.
Narbuko Drs. Cholid, D. H. (2012). Metodologi Penelitian . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ni Nyoman Sunariani, A. O. (2017). Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui program binaan di provinsi Bali. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis , 252.
Pandji, A. (2016). Manajemen Bisnis. Jawa Tengah: Rineka Cipta.
Putri, J. T. (2017). Sumber daya organisasi dan keuangan bersaing berkelanjutan di perdana elektronik. Jurnal Agora , 67.
Rakib, A. d. (2017). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dalam penguatan ekonomi kerakyatan (studi pada usaha roti maros di Kabupaten Maros). Sosiohumanioral , 114-120.
Rosady, R. (2017). Metode penelitian public relation dan komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rudianto. (2013). Akuntansi manajemen, informasi untuk pengambilan keputusan strategi . Jakarta: Gelora Aksara Pratama .
Rudy, P. (2018). Analisis pengendalian internal commite of sponsoring organizations terhadap piutang usaha pada Cv. Kombos Manado 1. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern , 683-692.
Safitri, K. W. (2009). Analisis strategi bersaing dalam persaingan usaha penerbangan komersil . jurnal ilmu administrasi dan organisasi , 2355-7826.
Utomo, A. d. (2017). Kajian strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota Tarakan. Jurnal Manajemen , 99-118.
Veithzal, R. (2016). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Yusanto Muhammad, M. K. (2002). Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Islami Press.
Zamam H. Fakhry, H. A. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Jakarta: CV. Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.