Faktor Penentu Gaya Hidup Halal Generasi Z di Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3961Keywords:
Lifestyle, Generation Z, Halal, BehaviorAbstract
References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 22, 103–150.
Adi, F., Sumarwan, U., & Fahmi, I. (2017). Pengaruh Faktor Sikap, Norma Subjektif, Demografi, Sosioekonomi serta Literasi Keuangan Syariah dan Konvensional terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa. AL-MUZARA’AH, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.29244/jam.5.1.1-20
Ailah, M. W. (2019). Pemahaman konsep Halal dan Halal Awareness dalam perilaku konsumen muslim BreadTalk di Surabaya [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Aniqoh, N. A. F. A., & Hanastiana, M. R. (2020). Halal Food Industry: Challenges And Opportunities In Europe. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 43–54.
Budiarti, L., Wijayanti, R. F., & Evelina, T. Y. (2020). PENGARUH HALAL CERTIFICATION DAN HALAL AWARENESS TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK GUNAAN. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 13(2), 150–155.
CNN Indonesia. (2018). Alasan Generasi Milenial Lebih Konsumtif. Gaya Hidup.
Diantari, N. K. Y. (2021). Fast Fashion Sebagai Lifestyle Generasi Z di Denpasar. SANDI: Seminar Nasional Desain, 1, 98–104.
Dion. (2020, Januari 31). Generation Gap: Pengelolaan Keuangan Milenial dan Gen Z. LIFE GUIDE.
Gateway, S. (2020). State of the Global Islamic Economy 2020/21 report Executive Summary in Bahasa Indonesia. Salaam Gateway - Global Islamic Economy Gateway.
Globalreligiusfutures. (2020). Indonesia Religion: Demographics and Religion | PEW-GRF.
Harahap, L. K., & Pd, M. (2019). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan SMARTPLS (partial least square). Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi UIN [Universitas Islam Negeri] Walisongo.
Idris, M. (2021). Generasi Z dan Milenial Dominasi Jumlah Penduduk Indonesia. Kompas.
Imam, G. (2014). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial LeasSquare (PLS) (4 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawati, & Ithof, M. (2020). Al-Qur’an, Gaya Hidup Halal, dan Fusion Of Horizons: Studi QS. Al-Baqarah (2): 168. Revelatia: Jurnal Ilmu al-Quran dan Tafsir, 1(2), 117–130.
Irsyamuddin, D., & Ghozali, M. (2019). Realita kekuatan ekonomi Islam versus kapital di eropa di abad 21. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 1–13.
J.F., Jr, H., W.C, B., B.J, B., & R.E, A. (2009). Multivariate data analysis. Upper Saddle River : Prentice Hall.
Khansa, L. (2019). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Muslim Terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal MUI (Studi Kasus Kota Bogor). http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101112
KNEKS. (2020). Gaya Hidup Halal Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup. KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah).
Kock, N., & Lynn, G. (2012). Lateral collinearity and misleading results in variance-based SEM: An illustration and recommendations. Journal of the Association for information Systems, 13(7).
Mansyuroh, F. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Terhadap Pembelian Skin Care Tanpa Label Halal Pada Muslim Generasi Z di Banjarmasin. Proceeding Antasari International Conference, 1(1).
Martanti, Bq. H., & Muadi, M. (2020). Industri dan Gaya Hidup Halal. El_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB, 11(2), 92–106.
Mediatama, G. (2020, Juli 14). Pasca wajib sertifikat halal, jumlah UMKM bersertifikat masih minim. kontan.co.id. https://nasional.kontan.co.id/news/pasca-wajib-sertifikat-halal-jumlah-umkm-bersertifikat-masih-minim
Muzayanah, U., Oetomo, S. B., & Zakiyah, Z. (2019). KEPEDULIAN SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP PRODUK PANGAN HALAL DI KOTA SURAKARTA. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 5(2), 259–273.
Nurseha, A. (2019, Mei 22). PERAN GENERASI MUDA DALAM PERUBAHAN GAYA HIDUP MELALUI HALAL LIFESTYLE. Kabar One. http://kabarone.com/2019/05/peran-generasi-muda-dalam-perubahan-gaya-hidup-melalui-halal-lifestyle/
Petriella, Y. (2018, September 6). Baru 59 Perusahaan Restoran yang Sudah Bersertifikat Halal MUI | Ekonomi. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20180906/12/835886/baru-59-perusahaan-restoran-yang-sudah-bersertifikat-halal-mui
Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS Untuk Jumlah Sampel Besar. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 216–227.
Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309–318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481
Septiana, A. (2015). Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(1).
Sholikhah, B., Fitri, R., & Mahanani, Y. (2021). Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI pada Generasi Millenial. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(2), 193–211.
Sugiyono, & Susanto, A. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sukoso, Wiryawan, A., Kusnadi, J., & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal. Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah-Bank Indonesia.
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya Pada Strategi Pemasaran (Pertama). Graha Ilmu.
Tri, R. (2019, Juni 29). Baru 10 Persen UMKM yang Kantungi Sertifikat Halal. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1219420/baru-10-persen-umkm-yang-kantungi-sertifikat-halal
Zakiyah, Haryanto, J. T., & Iswanto, A. (2020). KAFE HALAL: Identitas Agama dan Gaya Hidup Anak Muda di Era 4.0. Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamanan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.