Analisis Akuntabilitas, Transparansi dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara

Authors

  • solahuddin tanjung UIN SUMATERA UTARA MEDAN, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4487

Keywords:

Keywords, Accountability, transparency, trust and interest.

Abstract

This article discusses zakat, zakat is one part of worship of the pillars of Islam, zakat is legally obligatory to be paid if it has entered the criteria for being able to issue it and has reached the reckoning. The purpose of this study was to determine the effect of the variables of accountability, transparency and trust on interest. The research method use quantitative with multiple linear regression using SPSS. From the test results, the number of respondents in this study was 100 people. The findings in this study that accountability has an effect on interest, transparency has an effect on interest and trust has an effect on interest, simultaneously there is an influence between variables (accountability, transparency, trust) on interest. With a 95% confidence level or an error rate of 5%.

References

Baznas Sumatera Utara, Pemprov Dukung Baznas Sejahterakan Umat diakses dari sumut.baznas.go.id, pada tanggal 03 februari 2021.

Badan Amil Zakat Nasional, Indeks Zakat Nasional Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Pusat Kajian Strategis Baznas, diakses pada tanggal 27 maret 2021

Badan Pusat Statistik Sumatera Utara, Di unduh pada tanggal 10/11/2021 Pukul 12:05 WIB.

Departemen agama RI, Panduan Organisasi Pengelola Zakat, (Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, 2008)

Eka Satrio Dan Dodik Siswantoro, “ Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan Dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakatâ€, Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung, 2016

Gazi Inayah, Teori Komprehensip Tentang Zakat dan Pajak, (Yokyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003)

Hamid, Warga Medan Area, wawancara di kota Medan, tanggal 5 Oktober 2021

Isnaini Harahap, et al, Hadis Hadis Ekonomi, (Jakarta: prenadamedia, 2015)

Mardiasmo, Akuntansi Sektor Publik, (Yogyakarta: Andi, 2002)

M. Abdul Rouf, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat dirumah Zakat Cabang Semarang, (Tesis, Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang, 2011)

Mohammad Daud Ali, Sistem Ekonomi Islam: Zakat dan Wakaf, (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia UI-Press), 1988

Mhd. Ali Nuruddin, Zakat Sebagai Instrumen dalam Kebijakan Fiskal, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006)

Nur kabib dkk, Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(01), 2021

Rasyid Batubara, Warga Medan Hilir, Wawancara di Medan, tanggal 5 Oktober 2021

Sumadi, S. (2017). Optimalisasi Potensi Dana Zakat, Infaq, Sadaqah Dalam Pemerataan Ekonomi Di Kabupaten Sukoharjo (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Daerah Kab. Sukoharjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 16-26.

Yusuf Qardhawi, Hukum Zakat Studi Koperatif Mengenai Status dan Filsafat Zakat Berdasarkan Qur’an dan Hadis, (Jakarta: Mitra Kerjaya Indonesia, 2004).

Downloads

Published

12-03-2022

How to Cite

tanjung, solahuddin. (2022). Analisis Akuntabilitas, Transparansi dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 894–901. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4487

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.