Industri Kreatif UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Medan dalam Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Isnaini Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Zuhrinal M Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Eli Sugiarto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5796

Abstract

The city of Medan with a large number of human resources actually has the potential to give birth to young Creators who are Creative and Innovative in spirit so that they are able to become entrepreneurs who can bring Medan City to be better and advanced in the field of Creative Economy. -what factors affect the growth of Creative Enterprises in Medan City. This study uses a qualitative descriptive method. The results obtained from the research that the development of MSME actors in Medan City can be said to be quite good, but not optimal. This condition can be seen from the obstacles faced in its implementation. In the Islamic perspective, economic activities must be carried out with thoroughness, and a way of thinking that is based on Islamic moral values and economic values.

References

Agusetyaningrum, V., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. (2016). Strategi pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meningkatkan citra Kota Malang sebagai destinasi wisata kuliner (Studi pada UKM berbasis kuliner Kota Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123-131.

Al-Hajjaj, Y. A. (2010). Kreatif atau mati. Solo: Ziyad Visi Media.

An-Nawawi,I. (2005) Hadits Arbain An-Nawawiyah Terjemah Bahasa Indonesia, Publisher, Edisi 1.

Aura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika, 10(1), 89-98.

Handayani, T., & Sari, R. A. (2020). Ekonomi Kreatif: Pemetaan Kendala dan Analisis Strategi Kebijakan Pemerintah Studi Kasus pada Kota Bengkalis. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi Vol, 4(1).

Hutabarat, L. R. F. W. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 7(1), 12-19.

Indarto, I., Santoso, D., & Prawihatmi, C. Y. (2020). Model Kewirausahaan Strategik Pada Usaha Ekonomi Kreatif. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(3), 223-235.

Kartika, C., Rudiatno, R., & Suhariningsih, L. (2020). Pengelolaan dan Pembinaan Usaha Mikro Warung Makanan dan Minuman Model Primitive Di Surabaya Barat. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124.

Resalawati, A. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM di Indonesia.

Sururi, A. (2017). Inovasi model pengembangan kebijakan ekonomi kreatif provinsi banten.

Suryana, (2013). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru : Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang, Jakarta : Selemba Empat.

Sukoco, J. B. (2019). Kapasitas Kelembagaan Dalam Pembinaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 15-22.

Suyahya, I. (2017). Kelembagaan usaha mikro kecil dan menengah dan pembangunan ekonomi masyarakat. JABE (Journal of Applied Business and Economics), 1(1), 24-30.

Qardhawi, Y. (1997). Sistem Masyarakat Islam dalam Al Qur’an & Sunnah. Cet. ke.

Downloads

Published

13-07-2022

How to Cite

Harahap, I., Nawawi, Z. M., & Sugiarto, E. (2022). Industri Kreatif UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Medan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1991–1997. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5796

Citation Check

Most read articles by the same author(s)