Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Simpan Pinjam di BMT UMS Safinatunnajah

Authors

  • Rian Kurniawan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Septriau Putra Abadi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Bahrul Maani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Eja Armas Hardi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Sucipto Sucipto Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara melayani kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah tergantung dari apa yang dirasakan nasabah, sehingga nasabah memberikan tanggapan positif maupun negatif terhadap BMT tersebut. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mengguna kan metode wawancara dan pengamatan lapangan, sedangkan sifat penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu menggambarkan tentang layanan simpan pinjam di BMT UMS Safinatunnajah. Hasil penelitian berkenaan dengan kepuasan nasabah di BMT UMS Safinatunnajah sebagian nasabah merasakan kepuasan terhadap layanan jasa simpan pinjam mudharabah. Yang diberikan oleh. BMT UMS Safinatunnajah. Hal ini disebabkan pihak BMT UMS Safinatunnajah melaksanakan jasa simpan pinjam mudharabah sesuai syariah dengan menggunakan bagi hasil sehingga dalam pelaksanaannya tidak mengandung ghoror, maisir judi ataupun riba serta unsur-unsur yang bertentangan dengan syariat Islam.

References

Amalia, E. (2009). Keadilan Distributif Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto. (2014). Konsumen dan Layanan Prima. Yogyakarta: Gaya Media.

Faisal, S. (1990). Penelitian Kualitatif Dasar-dasar dan Aplikasinya . Malang: YA3.

Gina, W., & Effendi, J. (2015). Program pembiayaan lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) dalam peningkatan kesejahteraan pelaku usaha mikro (Studi kasus BMT Baitul Karim Bekasi). Al-Muzara'ah, 3(1), 34-43.

Muhamad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulia, R. A. (2019). Peranan Program Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil (Kjks Bmt) Dalam Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Padang. Ensiklopedia Social Review, 1(3), 290-299.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sakti, A. (2013). Pemetaan Kondisi dan Potensi BMT (Baitul Maal Wat Tamwil): Kemitraan dalam rangka Memperluas Pasar & Jangkauan Pelayanan Bank Syariah kepada Usaha Mikro. Al-Muzara'ah, 1(1), 1-18.

Downloads

Published

27-10-2022

How to Cite

Kurniawan, R., Abadi, S. P., Maani, B., Hardi, E. A., & Sucipto, S. (2022). Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Simpan Pinjam di BMT UMS Safinatunnajah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2657–2660. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6556

Citation Check