Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Metode Analisis SOAR pada Pariwisata Syariah di Pulau Madura
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6560Abstract
References
Abdurrahman, D. (1998). Pengantar Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Ikfa.
Anggraeni, R. (2019). Meleset, Kunjungan Wisman ke Indonesia Hanya 15,8 Juta di Tahun 2018. Retrieved from sindonews: https://ekbis.sindonews.com/read/1375357/34/meleset- kunjungan-wisman-ke-indonesia-hanya-158-juta-di-tahun-2018-1549007622.
Arifin, S. (2017). Digitalisasi Pariwisata Madura. Jurnal Komunikasi, 11(1), 53-60.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Dessler, G. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia edisi sepuluh jilid dua. Indeks, Jakarta.
Fajar, A. (2018, Januari 9). Kunjungan Turis Asing ke Indonesia Tahun 2017 Meleset dari Target. Retrieved from Tribunnews: https://www.tribunnews.com/bisnis/2018/01/09/kunjungan-turis-asing-ke-indonesia- tahun-2017-meleset-dari-target.
Gay, L. R., & Diehl, P. L. (1992). Research methods for business and management. Macmillan Coll Division.
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial.
Index, G. M. T. (2019). Mastercard-CrescentRating: Global Muslim Travel Index 2019. MasterCard & CrescentRating.
Jaelani, A. (2017). Halal tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. International Review of management and Marketing, 7(3), 25-34.
Sumadi, Feri Efendi T, Agustini T, Aslama S. Pengaruh Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan (Studi Kasus di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam [Internet]. 2021;7(03):1774–84. Available from: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie
Sumadi S, Tho’in M, Efendi TF, Permatasari D. Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 2021 Jul 5;7(2).
Kemenpar RI. (2019). Siaran Pers : Devisa Sektor Pariwisata Meningkat Mencapai 19,29 Miliar Dolar AS. Retrieved from Kementerian Pariwisata Republik Indonesia: http://www.kemenpar.go.id/post/siaran-pers-devisa-sektor-pariwisata-meningkat- mencapai-1929-miliar-dolar-as.
Kusnandar, V. B. (2019). Di ASEAN, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Indonesia Urutan ke-4. Retrieved from Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/19/di-asean-kunjungan-wisatawan- mancanegara-indonesia-urutan-ke-4.
Mangkunegara, A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.
Pajriah, S. (2018). Peran Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Pariwisata Budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25-34.
Rani, D. P. M. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda, 3(3), 412-421.
Riadhussyah, M. (2020). Pengembangan sumber daya manusia di bidang wisata halal dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 8(1), 1-13.
Rivai, V. (2009). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: Dari teori ke praktik. Rajawali Pers.
Rivai, V. (2009). Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, R. I. (2016). Pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata: perspektif potensi wisata daerah berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 23-35.
Subana, M. (2005). Dasar-dasar penelitian ilmiah.
Umar, H. (2008). Desain Penelitian MSDM dan perilaku karyawan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Utomo, J. P. (2017). Strategi pengembangan wisata alam di Pulau Madura pasca pembangunan jembatan Suramadu (studi kasus pada dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Bangkalan) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Widodo, W. S. (2016). 3 Masalah SDM Pariwisata Indonesia Bersaing di Tingkat Global. Retrieved from detik.com: https://travel.detik.com/travel-news/d-3176358/3-masalah- sdm-pariwisata-indonesia-bersaing-di-tingkat-global.
Zamista, A. A., & Hanafi, H. (2020). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 27-33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.