PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS PADA PRODUK KOSMETIK HALAL MELALUI APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI

Hendri Khuan, Andry Mochamad Ramdan, Andriya Risdwiyanto, Widyastuti Widyastuti, Sri Wahyuning

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentunya berdampak pada dunia bisnis. Trend pemasaran di dunia telah bergeser dari menggunakan cara konvensional (Offline) menjadi cara digital (Online). Di Indonesia, online shop sudah sangat menjamur dan berkembang pesat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand awareness pada produk kosmetik halal melalui aplikasi tiktok terhadap minat beli. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna masyarakat pengguna aplikasi Tiktok yang diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling: simple random yang berhasil diperoleh sebanyak 250 responden dalam penelitian ini. Dan tehnik analisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing memberikan pengaruh terhadap minat beli masyarakat. Namun variable brand awareness tidak berpengaruh dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Digital Marketing, Brand Awareness, Minat Beli Kosmetik Halal

Full Text:

PDF

References


Ainun Nadhifah, Memberdah Efektivitas Tiktok Membantu Bisnis Dan UKM Berkembang, Https://Id.Techinasia.Com/, Diakses 29 Agustus 2021.

Ainun Nadhifah, Memberdah Efektivitas Tiktok Membantu Bisnis Dan UKM Berkembang, Https://Id.Techinasia.Com/, Diakses 29 Agustus 2021

Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2). Https://Doi.Org/10.12962/J23373539.V10i2.73923

Dwi Putri, I. A., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Influencer Dan Online Customer Review Terhadap Pembelian Impulsif Pada Produk Kosmetik Halal Di Tiktok Shop. Ed, 07(01), 1–12.

El-Haq, S. N., & Nurtjahjani, F. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian.

Fatimah, S., & Syadzali, A. (2022). Fenomena Narsisme Muslimah Dalam Aplikasi Tiktok (Analisis Semiotika Charles William Morris). Fenomena Narsisme Muslimah Dalam Aplikasi Tiktok (Analisis Semiotika Charles William Morris) Siti, 13(2), 135–168.

Ferniansyah, A., Siti, N., & Nayiroh, L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9), 6.

Jennifer Dan Asron Saputra, “Pengaruh Brand Awareness Dan Promosi Online Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Batam”, Dalam Jurnal Manajemen Edisi 4, Vol. 3, 2021

Kompas, Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Tiktok Terungkap, Https://Tekno.Kompas.Com/, Diakses 30 Agustus 2021

Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Manajemen, 1(3).

Nudin, S. H. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. 1(3).

Oisina Situmeang, I. V., & Oishi Vitamaya, I. R. (2023). Pengaruh Kredibilitas Sumber Dan Bran Image Athena Terhadap Minat Beli Followers (Survey Pada Follower Akun Tiktok @Dr Richard Lee). 7(2), 156–168.

Pingki, E., & Ekasasi, S. R. (2023). Social Media Marketing, Electronic Word- Of- Mouth. 4(1), 115–128.

Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. JURNAL Semarak, 2(1). Https://Doi.Org/10.32493/Smk.V2i1.2664

Setya Juli, E. K., & Waluya Sawahan, R. P. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Brand Love Dan E- Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Pada Era Pandemi Covid 19. Jubis, 3(1), 1–13.

Shevany, M. (2018). Analisis Strategi Membangun Brand Awareness E- Commerce Shopee Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan. I, 1–10.

Statiska, Jumlah Unduhan TikTok (30 Juni 2020), https://databoks.katadata.co.id/, diakses 16 Februari 2021.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2021). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 103–112.

Tulasi, D. (2020). Marketing Communication Dan Brand Awareness. Humaniora, 3(1), 215–222.

Utarsih, H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Kartu AS (Studi Kasus pada Penduduk Bandung). Jurnal Ilman, 1(2), 105–112.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.