HUBUNGAN KETERIKATAN MEREK EMOSIONAL, KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Hendri Khuan, Zunan Setiawan, Musran Munizu, Nika Sintesa, Mohammad Gifari Sono

Abstract


Kepuasan dan kesetiaan sebagai konsep penting dan strategis dalam literatur pemasaran sangat penting bagi perusahaan dan pemasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterikatan merek emosional, kepuasan dan loyalitas pelanggan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pelanggan yang tersebar di Indonesia yang diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling: simple random yang berhasil diperoleh sebanyak 240 responden dalam penelitian ini. Dan tehnik analisis menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian ini telah menemukan bahwa variabel keterikatan merek emosional berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Keterikatan Merek Emosional, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Aqmi, A. L. Z., & Christiarini, R. (2022). Analisa Loyalitas Generasi Z Terhadap Pilihan Skincare. Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 2(1), 89–103. https://doi.org/10.32812/jibeka.v17i2.1390

Bahri-Ammari, N., Van Niekerk, M., Ben Khelil, H., & Chtioui, J. (2016). The effects of brand attachment on behavioral loyalty in the luxury restaurant sector. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 28(3), 559–585. https://doi.org/10.1108/IJCHM-10-2014-0508

Bara, F., & Prawitowati, T. (2020). Pengaruh kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan keterikatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan grab di Surabaya. Journal of Business and Banking, 10(1), 33. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.1760

Cardozo, R. N. (1965). An Experimental Study of Customer Effort, Expectation, and Satisfaction. Journal of Marketing Research, 2(3), 244. https://doi.org/10.2307/3150182

Drennan, J., Bianchi, C., Cacho-Elizondo, S., Louriero, S., Guibert, N., & Proud, W. (2015). Examining the role of wine brand love on brand loyalty: A multi-country comparison. International Journal of Hospitality Management, 49, 47–55. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2015.04.012

Erol, K., & Kucun, N. T. (2023). Markayi Tanima Ve Markayi Kullanma Sürelerinin Markaya Bağlanmaya Olan Etkisi Olumlama İle Değişebilir Mi ? Can The Effect Of The Times Of Recognizing The Brand And Using The Brand On Attachment To The Brand Change With Affirmation ? Kader Erol Nihan Tomr. Euroasia Journal Of Social Sciences & Humanities, 10(30), 46–54.

Fakhrudin, A., & Roellyanti, M. V. (2022). Loyalitas konsumen: implikasi dari nilai pelanggan, kualitas pelayanan,kedekatan emosional. Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 501–512. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.10636

Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 254. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.19967

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program (IBM. SPSS). Universitas Diponegoro.

Guillard, V., & Roux, D. (2018). Macromarketing Issues on the Sidewalk: How “Gleaners” and “Disposers” (Re)Create a Sustainable Economy. Journal of Macromarketing, 34(3), 291–312. https://doi.org/10.1177/0276146713518562

Johnson, M.D., Anderson, E.W. and Fornell, C. (1995), “Rational and adaptive performance expectations in a customer satisfaction framework”, Journal of Consumer Research, Vol. 21 No. 4, pp. 695-707.

Kotler, P. (1997), “Marketing Management-Analysis”, Planning, Implementation, and Control, Prentice Hall. Inc., NJ.

Marida Yulia Ronasih, & Hardani Widhiastut. (2021). Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Philanthropy Journal of Psychology, 5(1), 109–130. http://journals.usm.ac.id/index.php/philanthropy

Matsumoto, A., & Odani, T. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kecintaan dan Keterikatan Emosional pada Loyalitas Merek. Journal of Business Application, 1(2), 305–306.

Mirza, & Febrina, A. (2018). Hubungan antara Emotional Branding dengan Loyalitas Merek pada Konsumen Kartu Seluler XL. In Jurnal Psikologi Integrartif (Vol. 4, Issue 1, pp. 63–37).

Oliver, R. L. O. (1999). Whence consumer loyalty? Journal of Marketing, 63, 33. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/00222429990634s105

Pradipta, A. A., & Ishak, A. (2023). Pengaruh Keterikatan Emosional dan Cinta Merek terhadap Loyalitas Pengguna iPhone. 01(06), 48–64.

Roni, Y., Pawenang, S., & Damayanti, R. (2020). Loyalitas Pelanggan Toko Agna Jaya Pasar Legi Ditinjau Dari Pelayanan, Keterikatan Emosional Dan Gethok Tular. Edunomika, 04(02), 657–666.

So, J. T., Parsons, A. G., & Yap, S. F. (2017). Corporate branding, emotional attachment and brand loyalty: The case of luxury fashion branding. Journal of Fashion Marketing and Management, 17(4), 403–423. https://doi.org/10.1108/JFMM-03-2013-0032

Song, H. J., Wang, J. H., & Han, H. (2019). Effect of image, satisfaction, trust, love, and respect on loyalty formation for name-brand coffee shops. International Journal of Hospitality Management, 79(June 2018), 50–59. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.12.011

Subagia, A. D., & Apriliia, A. (2022). Peran Emosi Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengalaman Merek Dan Loyalitas Merek. Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 9(3), 1649–1664.

Sukoco, B. M., & Hartawan, R. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Dan Keterikatan Emosional Pada Merk Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(3), 1–12. https://doi.org/10.20473/jmtt.v4i3.2421

Zulfa, M. M., & Muslichah, I. (2022). Pengaruh Pengalaman dan Keterikatan Emosional terhadap Loyalitas Merek pada Pengguna Aplikasi Islami di Smartphone. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(1), 13–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.