PERBANDINGAN TINGKAT LAYANAN ANGKUTAN KOTA DAN OJEK DI SWK CIBEUNYING KOTA BANDUNG

Natasha Puteri Arnesto, Lita Sari Barus

Abstract


Kota Bandung merupakan wilayah perkotaan yang menjadi pusat kegiatan ekonomi dan sosial dari kawasan Metropolitan Bandung Raya. Hal ini juga menyebabkan meningkatnya jumlah penduduk, kegiatan perekonomian, dan juga luas kawasan terbangun. Jumlah penduduk, kegiatan ekonomi, dan kawasan terbangun akan menciptakan kebutuhan pergerakan sehingga terjadi ledakan jumlah kendaraan bermotor yang digunakan oleh pribadi. Keberlanjutan dari angkutan kota di Kota Bandung juga semakin terancam tidak hanya karena kendaraan pribadi keunggulan yang dimiliki oleh ojek daring. Penelitian bertujuan menilai tingkat layanan dari angkutan kota dan ojek online untuk mengetahui daya saing antara angkutan kota dan ojek daring di Kota sehingga angkutan kota dapat mengetahui dimensi layanan angkutan kota yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian mengambil lokasi di SWK Cibeunying menggunakan metode ServeQual dan Importance-Performance Analysis. Hasil analisis menunjukan daya saing dari angkutan kota lebih rendah dibandingkan dengan ojek daring di SWK Cibeunying. Untuk meningkatkan daya saing, angkutan kota dapat meningkatkan tingkat keamanan pada penggunanya.

Full Text:

PDF

References


Astuti, Herni J. (2007. Analisis Kepuasan Konsumen (Servqual Model dan Important Performance Analysis Mo)del). Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, vol. 7, no. 1

Bariroh, Hikmatul. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Membeli Konsumen pada Minimarket Indomart dan Minimarket Alfamart. Tugas Akhir, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Burhanudin, Asep. 2021. https://rri.co.id/daerah/1182739/bandung-terus-tekan-pemakaian-kendaraan-pribadi

Kusnandar, Viva Budy. (2022). Jumlah Penduduk Indonesia Capai 273 Juta Jiwa pada Akhir 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/10/jumlah-penduduk-indonesia-capai-273-juta-jiwa-pada-akhir2021#:~:text=Jumlah%20Penduduk%20Indonesia%20Capai%20273%20Juta%20Jiwa%20pada%20Akhir%202021%20%7C%20Databoks diakses pukul 17.39 PM 27 Maret 2022

Lintang, R. (2016). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Biro Perjalanan PT. Pacto Tour dan Travel Medan. dalam Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area.

Nuraida, Rieny. (2018). Studi Pendahululuan: Pengembangan dan Validasi Alat Ukur Ikhlas. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Riandiatmi, Oktaviani dan Joewono, Tri Basuki. 2018. Persepsi Pengguna Terhadap Angkutan Online di Kota Bandung. JURNAL TRANSPORTASI Vol. 18 No.3 p. 153-160

Riyanta, Wawan. (2015). Persepsi Penumpang Kereta Api Terhadap Tingkat Pelayanan Stasiun Tugu Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara Vol. 8

Stefani, Felicia (2009) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada pelanggan Carrefour Plaza Ambarukmo Yogyakarta). Tugas Akhir, UAJY.

Subroto, Sivira Melita. (2017). Perbedaan Pendapatan Pedagang Sebelum dan Sesudah Adanya Jalur Lingkar Barat Kabupaten Malang. Tugas Akhirr, Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sutrisno, Octavianus Dwi. 2017. https://nusantara.medcom.id/jawa-barat/peristiwa/zNA7O26k-jumlah-angkot-di-bandung-yang-beroperasi-tinggal-30-persen

Tim Peneliti YLKI. 2017. https://ylki.or.id/2017/07/warta-konsumen-transportasi-online-kawan-atau-lawan/

Wahyuni, Noor. (2014). Gap Analysis (binus.ac.id) diakses pukul 01.08 WIB tanggal 3 Maret 2022

Zonabandung.com. 2019. https://www.zonabandung.com/daerah/pr-120982037/11-trayek-angkutan-umum-terdampak-rekayasa-jalan-sukajadi-dan-cipaganti-kota-bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.