SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN POLITIK PARTAI

Sutrisno Sutrisno, Intan Agustiani, Yanneri Elfa Kiswara Rahmantya

Abstract


Penelitian systematic literature review ini menjelaskan tentang strategi komunikasi dalam pemasaran partai politik. Dunia politik saat ini tidak lepas dari dunia komunikasi. Karena kegiatan politik didasarkan pada komunikasi dalam menyampaikan gagasan, gagasan, pendapat, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan program kerjanya untuk pengembangan sebuah negara. Politik bisa dikatakan sebagai cabang yang begitu banyak dengan semua orang disiplin ilmu yang dilewatinya. Ini seperti “oase” tempat yang terbentuk tempat bertemunya berbagai disiplin ilmu, yang dalam suatu hari lahir sosiologi politik, psikologi politik, komunikasi politik, dan juga pemasaran politik. Namun, lahir secara akademis bisa dibilang muda, pemasaran politik mampu menarik perhatian ilmuwan sosial dan praktisi politik. Sebelumnya, istilah pemasaran yang digunakan dalam dunia bisnis untuk memenangkan persaingan bisnis. Namun, hingga saat ini, proses politik juga tidak ketinggalan pemasaran dengan tujuan menjual ide, platform, dan sebagainya dari seorang kandidat dan partai politik. Persaingan politik yang terbuka membuat masyarakat dihadapkan dengan banyak pilihan politik. Hal ini menuntut politisi mengemas strategi komunikasi politik, arah dan tujuan politiknya secara persuasif agar mampu menarik perhatian masyarakat. Pengemasan pesan politik merupakan salah satu elemen penting dalam melaksanakan kampanye politik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan paparan paper penelitian seperti apa strategi komunikasi dalam pemasaran politik dalam persaingan partai politik di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Apriliani, A., Budhiluhoer, M., Jamaludin, A., & Prihandani, K. (2020). Systematic Literature Review: Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online. Systematics, 2(1), 12–20.

Karimalla, H., & Fajarini, S. D. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Partai Solidaritas Indonesia dalam Membangun Citra Partai Politik pada Segmentasi Generasi Milenial di Provinsi Bengkulu. J-Sikom, 2(2), 33–43.

Patrick, O. K. (2016). A Comparative Study on Internal Political Party Communication Policies in Ghana.

Putri, I. D. A. H. (2013). Difusi Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Politik Indonesia. Jurnal Communication, 4(2), 54–71.

Wijaya, B. S. (2012). Peran Tema dan Psikologi Publik Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Pilkada DKI Jakarta 2007. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 9(2), 83–88.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.10882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com