PENDIDIKAN AQIDAH SEBAGAI LANDASAN KARAKTER SESEORANG DI PERGURUAN TINGGI

Ryan Arief Rahman, Mohammad Ali Ashari, Amir Reza Kusuma, Iqbal Maulana Alfiansyah

Abstract


Aqidah jiwa menjadi hal yang penting untuk membentuk manusia. intensitas penelitian terhadap wacana pengembangan Namun, apabila kita sadari menurut Mohd Zaidi Ismail bahwa daya khayal ini memiliki dua segi, yakni segi yang menuruti serangkaian aturan tertentu (muntaẓam) dan segi yang bebas dari aturan-aturan tersebut (ghayr muntaẓam). Dalam hal ini al-Attas, sepertinya juga memiliki terma yang sepadan yakni, orderly dan non-orderly fashion. Hal demikian, nyatanya pun selaras dengan pandangan Syed Muhammad Nauqib al-Attas dalam karyanya Prolegomena terkait daya tersebut. Dalam hal ini al-Attas pun juga telah membagi dua bentuk imajinasi, yaitu sensitive imajinasi dan rasional imajinasi. Dimana jenis yang pertama ini hanya menerima dari data inderawi dan jenis kedua lebih kepada intelek atau alam batin yang tinggi.Di samping itu al-Attas juga menegaskan bahwa dalam perolehannya terhadap ilmu perlu adanya bantuan atas daya imajinasi. Sebagaimana yang beliau tuliskan bahwa “Thought (al-fikr) is the soul’s movement towards meaning, and this needs imagination (al-khayal)

Full Text:

PDF

References


Abdul Azim, I. (2017). Islamic Approach to Human Resource Development and The Condition of Indian Muslims. MPRA, Paper No. 80310.

Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Abu al-Ala al-Maududiy. (1982). Nadzariatu al-Islam as-Siyasiy. Daru al-Fikir.

Abu Hamid al-Ghazali,. (1999). Ihya’ Ulumudin. Dar al-Ma’arif.

Abu Hamid al-Ghazali. (2004). Al-Iqthishad fil ‘Itiqad. Darul Kutub al-Ilmiyah.

Açikgenç, A. (2002). The emergence of scientific tradition in Islam. Dalam S. M. R. Ansari (Ed.), Science and Technology in the Islamic World (Vol. 64, hlm. 7–22). Brepols Publishers. https://doi.org/10.1484/M.DDA-EB.4.00497

Adnin Armas. (2018). Sekulerisme dan sekulerisasi tantangan pemikiran Islam. INSIST.

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (2001). Risalah Untuk Kaum Muslimin. ISTAC.

Alparslan Acikgenc. (1996). Islamic Science: Toward A Definition. nternational Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Amir Reza, K. (2022). Konsep Hulul Menurut Al-Hallaj Dan Penempatan Posisi Tasawuf. Jurnal Penelitian Medan Agama, 12(1), 45–55.

Amir Reza Kusuma & Didin Ahmad Manca. (2022). Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 115–122. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.653

Atabik, S., Ghozali, M., & Kusuma, A. R. (t.t.). Analisis Penerapan Akad Wakalah Bil-Ujrah pada layanan Go-Mart (Studi Analisis). 8(3), 3317. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6800

Choudhury, M. A. (1998). Human Resource Development in the Islamic Perspective. Dalam M. A. Choudhury, Studies in Islamic Social Sciences (hlm. 146–179). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1007/978-1-349-26179-6_6

Dilnawas A. Siddiqui. (1987). Human Resources Development: A Muslim World Perpective. The America Journal of Islamic Social Science., Vol.4(No.2).

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Fakhruddin Al-Razi. (1408). Al-Mathalib al-‘Aliyah Fi ‘Ilm al-Ilahiyyah. Darul Kitab al-‘Arabi.

Fakhruddin Al-Razi. (1991). Syarh ‘Uyun Al-Hikmah. Muassisah Shadiqah.

Fakhruddin Al-Razi. (1997). Al-Mahshul. Muassisah ar-Risalah.

Hidayatullah, R. A., Mas’ud, F., & Kusuma, A. R. (t.t.). Build Islamic Human Resource Development (I-HRD) in University Based on Islamic Worldview.

Husaini, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Ta’dîb. TSAQAFAH, 9(2), 371. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.58

Ibnu Mandzur. (t.t.). Lisanu al-‘Arab, Cet. 6. Dar al-Fikr al-Islami.

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. (t.t.). Madariju Salikin fi Manazili Iyyakana’budu wa Iyyakanasta’in, Vol.1,.

Ihsan, N. H., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme. Journal for Islamic Studies, 5(4), 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323

Kubro, S., Armayanto, H., & Kusuma, A. R. (2022). Telaah Kritis Konsep Tuhan Agama Baha'i: sebuah Tren Pluralisme Agama18(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-06

Kusuma, A. R. (2021). Problem Komunikasi Barat (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Kusuma, A. R. (2023). Tawaran Sains Modern Menurut Mehdi Gholshani 5.

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274

Latief, M., Zarkasyi, A. F., & Kusuma, A. R. (2022). Problem Sekular Hubungan Agama dan Negara Menurut Ali Abdur Raziq 7. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.2542

M. Sayyid Qutb. (t.t.). Muqawwamât al-Tasawwur al-Islâmî. Dâr al-Shurûq.

Mas’ud, F. (2018). Manajemen bisnis berbasis Pandangan Hidup Islam, Islamic Worldview Based Business Management,. UNDIP Press.

Muhammad Syifa’urrahman & Amir Reza Kusuma. (2022). قضية صفات الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 18(1), 153–188. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876

Muslih, M. K., Ihsan, N. H., Roini, W., & Khakim, U. (2020). Teori Islamisasi Kesehteraan Perspektif Program Riset Sains Islam Lakatosian. 18(1), 16.

Rahman, R. A., Rodhi Hakiki Bin Cecep Mustopa, M. Dhiaul Fikri, Kusuma, A. R., & Abdul Rohman. (2021). Diskursus Fenomenologi Agama Dalam Studi Agama-Agama. 16(2), 32. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24042/ajsla.v16i2.9853

Saleh, S. Z., Rohman, A., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2017). Ikhbar Al-Quran ‘An-mazaya Wa Al-khasais Naml Dirāsah ‘alā al-I’jāz al-‘Ilmī fī sūrat an-Naml. QOF, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583

Sina, I. (1938). Kitab Al-Najat Fi Al-Mantiq Wa Al-Ilahiyyat Bagian 1, 2-3. Dar al-Afaq aladidah.

Sina, I. (1952). Ahwal An-Nafs, Ditahkik Oleh Ahmad Fu‘ad Al-Ahwani. Dar Ihya Al-kutub Al- Arabiyah.

Sina, I. (1975). Asy-Syifa Ath Thabiyyat an-Nafs. Haiah Misrhriyah al-Ammah lil Kitabah.

Sina, I. (1983). Al-Isyarat Wa Al-Tanbihat. Dar alMa’arif.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1963). Some Aspects of Shūfism as Understood and Practised Among the Malays. Malaysian Sociological Research Institute.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1979). Aims and Objecives of Islamic Education: Islamic Education Series. Hodder and Stoughton dan King Abdulaziz University.

Utsman Najati, M. (2002). Jiwa Dalam Pandangan Para Filosof Muslim Cet.1. Pustaka Hidayah.

Zaid, A. H., Kusuma, A. R., & Fadillah, N. H. (2023). Problem Ekonomi Konvensioanl Dan Dampaknya Terhadap Dunia Pendidikan. 07(01). https://doi.org/DOI : 10.29040/jie.v7i1.7511

Zarkasyi, H. F. (2012). Misykat (Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam). INSISTS-MIUMI.

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. TSAQAFAH, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36

Zarkasyi, H. F. (2015). Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System. TSAQAFAH, 11(2), 223. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.267

Zarkasyi, H. F., Arroisi, J., Basa, A. H., & Maharani, D. (2019). Konsep Psikoterapi Badiuzzaman Said Nursi dalam Risale-i Nur. TSAQAFAH, 15(2), 215. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i2.3379




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.11640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


echo 'slot gacor