PENDIDIKAN JIWA ISLAMI MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Authors

  • Muhammad Kholid Muslih Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Amir Hidayatullah Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Amir Reza Kusuma Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8882

Abstract

Menilik pendidikan Modern produk Barat, tentu tidak jarang peneliti muslim mendapati konsep-konsep yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Hal ini tidak lain merupakan pengaruh dari perbedaan perspektif antara Psikologi Modern sekuler dan nilai Islam yang menitikberatkan peran agama dalam kehidupan. Sebut saja teori Sigmund Freud yang menyatakan bahwa dorongan seksualitas ada sejak manusia lahir, bahkan menjadi penggerak (drive) utama setiap gerak kehidupan manusia; teori yang jelas berlawanan dengan nilai Islam yang menjadikan iman sebagai basis dari amal. Telaah juga psikologi behaviorisme yang meneliti manusia dengan pendekatan materialistik mekanistik kausalistik layaknya meneliti binatang yang bersifat mekanis bak mesin yang bisa diprediksi, tidak berjiwa (soulless), dan tidak memiliki karakteristik unik. Tentu ini sangat bertentangan dengan konsep manusia dalam Al-Quran yang sangat memuliakan manusia dengan ditiupkan ruhnya dari sisi Tuhan di awal penciptaannya. Ditegaskan bahwa manusia tidak tercipta semata dari tanah bersifat materi, namun dilengkapi dengan ruh yang membuatnya hidup dan memiliki keunikan yang bermacam-macam. Melalui artikel pendek ini penulis menawarkan pendidikan jiwa melalui pendekatan teori Syed Muhammad Naquib Al-Attas.

References

Abdul, A. I. (2017). Islamic Approach to Human Resource Development and The Condition of Indian Muslims. MPRA, Paper No. 80310.

Abu al-Ala al-Maududiy. (1982). Nadzariatu al-Islam as-Siyasiy. Daru al-Fikir.

Abu Hamid al-Ghazali,. (1999). Ihya’ Ulumudin. Dar al-Ma’arif.

Abu Hamid al-Ghazali. (2004). Al-Iqthishad fil ‘Itiqad. Darul Kutub al-Ilmiyah.

Açikgenç, A. (2002). The emergence of scientific tradition in Islam. Dalam S. M. R. Ansari (Ed.), Science and Technology in the Islamic World (Vol. 64, hlm. 7–22). Brepols Publishers. https://doi.org/10.1484/M.DDA-EB.4.00497

Adnin, A. (2018). Sekulerisme dan sekulerisasi tantangan pemikiran Islam. INSIST.

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (2001). Risalah Untuk Kaum Muslimin. ISTAC.

Alparslan Acikgenc. (1996). Islamic Science: Toward A Definition. nternational Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Hulul Menurut Al-Hallaj Dan Penempatan Posisi Tasawuf. Jurnal Penelitian Medan Agama, 12(1), 45–55.

Amir Reza Kusuma & Didin Ahmad Manca. (2022). Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 115–122. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.653

Amrullah, K., Khakim, U., Haryanto, H., & Listriana, L. (2022). Pendidikan Anti Korupsi: Studi terhadap Konsep Worldview dan Korupsi. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 422–434. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1389

Arroisi, J. (2013). IntegrasiTauhid dan Akhlak dalam Pandangan Fakhruddîn Ar-Razi. TSAQAFAH, 9(2), 307. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.55

Atabik, S., Ghozali, M., & Kusuma, A. R. (t.t.). Analisis Penerapan Akad Wakalah Bil-Ujrah pada layanan Go-Mart (Studi Analisis). 8(3), 3317. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6800

Choudhury, M. A. (1998). Human Resource Development in the Islamic Perspective. Dalam M. A. Choudhury, Studies in Islamic Social Sciences (hlm. 146–179). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1007/978-1-349-26179-6_6

Dilnawas A. S. (1987). Human Resources Development: A Muslim World Perpective. The America Journal of Islamic Social Science., Vol.4(No.2).

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Fakhruddin Al-Razi. (1408). Al-Mathalib al-‘Aliyah Fi ‘Ilm al-Ilahiyyah. Darul Kitab al-‘Arabi.

Fakhruddin Al-Razi. (1991). Syarh ‘Uyun Al-Hikmah. Muassisah Shadiqah.

Fakhruddin Al-Razi. (1997). Al-Mahshul. Muassisah ar-Risalah.

Hidayatullah, R. A., Mas’ud, F., & Kusuma, A. R. (t.t.). Build Islamic Human Resource Development (I-HRD) in University Based on Islamic Worldview.

Husaini, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Ta’dîb. TSAQAFAH, 9(2), 371. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.58

Ibnu Mandzur. (t.t.). Lisanu al-‘Arab, Cet. 6. Dar al-Fikr al-Islami.

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. (t.t.). Madariju Salikin fi Manazili Iyyakana’budu wa Iyyakanasta’in, Vol.1,.

Ihsan, N. H., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme. Journal for Islamic Studies, 5(4), 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323

Khakim, U., Kurniyanto, T., Ramadhan, M. U. C., Habiburrahman, M., & Rahmadian, M. I. (2020). God and Worldview according to al-Attas and Wall. TSAQAFAH, 16(2). https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v16i2.4853

Kubro, S., Armayanto, H., & Kusuma, A. R. (2022). Telaah Kritis Konsep Tuhan Agama Baha'i: sebuah Tren Pluralisme Agama18(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-06

Kusuma, A. R. (2021). Problem Komunikasi Barat (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Kusuma, A. R. (2023). Tawaran Sains Modern Menurut Mehdi Gholshani 5.

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274

Latief, M., Zarkasyi, A. F., & Kusuma, A. R. (2022). Problem Sekular Hubungan Agama dan Negara Menurut Ali Abdur Raziq 7. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.2542

M. Sayyid Qutb. (t.t.). Muqawwamât al-Tasawwur al-Islâmî. Dâr al-Shurûq.

Mas’ud, F. (2018). Manajemen bisnis berbasis Pandangan Hidup Islam, Islamic Worldview Based Business Management,. UNDIP Press.

Muhammad Syifa’urrahman & Amir Reza Kusuma. (2022). قضية ØµÙØ§Øª الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 18(1), 153–188. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876

Muslih, M. K., Ihsan, N. H., Roini, W., & Khakim, U. (2020). Teori Islamisasi Kesehteraan Perspektif Program Riset Sains Islam Lakatosian. 18(1), 16.

Rahman, R. A., Rodhi Hakiki Bin Cecep Mustopa, M. Dhiaul Fikri, Kusuma, A. R., & Abdul Rohman. (2021). Diskursus Fenomenologi Agama Dalam Studi Agama-Agama. 16(2), 32. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24042/ajsla.v16i2.9853

Rohman, A., & Kusuma, A. R (2022). The Essence of ’Aql as KamÄl Al-Awwal in the view of Ibnu SÄ«nÄ and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Saleh, S. Z., Rohman, A., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2017). Ikhbar Al-Quran ‘An-mazaya Wa Al-khasais Naml DirÄsah ‘alÄ al-I’jÄz al-‘IlmÄ« fÄ« sÅ«rat an-Naml. QOF, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583

Sina, I. (1938). Kitab Al-Najat Fi Al-Mantiq Wa Al-Ilahiyyat Bagian 1, 2-3. Dar al-Afaq aladidah.

Sina, I. (1952). Ahwal An-Nafs, Ditahkik Oleh Ahmad Fu‘ad Al-Ahwani. Dar Ihya Al-kutub Al- Arabiyah.

Sina, I. (1975). Asy-Syifa Ath Thabiyyat an-Nafs. Haiah Misrhriyah al-Ammah lil Kitabah.

Sina, I. (1983). Al-Isyarat Wa Al-Tanbihat. Dar alMa’arif.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1963). Some Aspects of Shūfism as Understood and Practised Among the Malays. Malaysian Sociological Research Institute.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1979). Aims and Objecives of Islamic Education: Islamic Education Series. Hodder and Stoughton dan King Abdulaziz University.

Utsman Najati, M. (2002). Jiwa Dalam Pandangan Para Filosof Muslim Cet.1. Pustaka Hidayah.

Zaid, A. H., Kusuma, A. R., & Fadillah, N. H. (2023). Problem Ekonomi Konvensioanl Dan Dampaknya Terhadap Dunia Pendidikan. 07(01). https://doi.org/DOI : 10.29040/jie.v7i1.7511

Zarkasyi, H. F. (2012). Misykat (Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam). INSISTS-MIUMI.

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. TSAQAFAH, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36

Zarkasyi, H. F. (2015). Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System. TSAQAFAH, 11(2), 223. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.267

Zarkasyi, H. F., Arroisi, J., Basa, A. H., & Maharani, D. (2019). Konsep Psikoterapi Badiuzzaman Said Nursi dalam Risale-i Nur. TSAQAFAH, 15(2), 215. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i2.3379

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Muslih, M. K., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2023). PENDIDIKAN JIWA ISLAMI MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8882

Issue

Section

Articles

Citation Check