PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK DI BARAK NEUHEUN ACEH BESAR

Fadhilah Fadhilah, Arisnaini Arisnaini, Aulia Rahmi, Muliana Muliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan yang dilakukan orang tua dan masyarakat dalam memberikan pendidikan agama pada anak, apa saja usaha yang dilakukan serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan agama pada anak di Barak Neuheun. Untuk memperoleh data yang konkret penulis menggunakan metode deskriptif dengan teknik penelitian Library Research dan Field Research, sedangkan teknik penarikan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan dilaksanakan dalam dua pusat pendidikan yaitu keluarga dan masyarakat. Usaha orang tua dalam melaksanakan pendidikan agama yaitu dengan memberikan penyajian di rumah serta dengan menanamkan nilai-nilai agama. Sedangkan dalam masyarakat dibentuk kelompok pengajian khusus bagi anak-anak dengan materi-materi keagamaan. Faktor pendukung pendidikan agama di barak Neuheun adalah kesadaran orang tua dan masyarakat akan pentingnya pendidikan agama bagi anak. Sedangkan faktor penghambat adalah ekonomi keluarga yang menyebabkan tersitanya.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (2021). Ilmu Pendidikan. Cet. II, Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (1992). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, H., & Santoso, N. (1996). Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya: Fajar Mulya.

Aly, H. N., & Munzier. (2003). Watak Pendidikan Islam. Cet-II, Jakarta : Friska Agung Insani.

Amsal, B. (1999). Filsafat Agama. Cet. II, Jakarta: Logos.

Anas, M. B. (t.t.). Al-Muwathta’, Muhammad Fuad, Abdul Baqy, Juzz II, Beirut-Libanon: Darul Kitab ‘Alamiah.

Arikunto, S. (1983). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Baihaqi, I. (t.t.). Sunan Al-Qubra, Juz X, Beirut: Darul Fikri.

Budiman, M. N. (2000). Ilmu Pendidikan II, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah.

Budiman, M. N. (2001). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Madani Press.

Bukhari, I. (t.t.). Shahih Bukhari, Jilid I, Beirut-Libanon, Darussa’ab.

Daradjat, Z. (1980). Kepribadian Guru, Cet. II Jakarta: Bulan Bintang.

Daradjat, Z. (1991). Mendambakan Anak Shaleh, Yogyakarta: Al-Bayan.

Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. (t.t.). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra.

Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Marimba, A. D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif.

Mazhahiri, H. (2002). Pintar Mendidik Anak, Jakarta: Lentera.

Mustafa, A. A. F. (2004). Manhaj Pendidikan Anak Muslim. Terjemahan Abdillah Obid dan Yessi HM., Basyaruddin, Jakarta: Mustaqim.

Poerwadarminta, W. J. S. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Singarimbun, M., & Efendi, S. (1988). Metode Penelitian Survei. Cet. IX, Jakarta: LP3ES.

Sudjana, N. (1984). Metode Statistik. Bandung: Tarssito.

Sulaiman, F. H. (1986). Alam Fikiran Al-Ghazali Mengenai Pendidikan Ilmu. Bandung: Diponegoro.

Supiana & Karman. (2003). Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surachmad, W. (1985). Pengantar Penelitian Ilmu Dasar Metode Tehnik. Bandung, Tarsito.

Suryabarata, S. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Yunus, M. (1979). Metode Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Zuhairini, dkk. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i1.12239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


echo 'slot gacor