PERAN GURU DALAM MENDIDIK SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

Authors

  • Arisnaini Arisnaini Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah, Indonesia
  • Fadhilah Fadhilah Prodi PIAUD Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8059

Abstract

Pembinaan dan pendidikan terhadap siswa merupakan hal yang penting dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan sekaligus penggunaan nilai-nilai Islam dalam segala aspek kehidupan. Pembahasan ini berjudul “Tugas dan tanggung jawab guru dalam mendidik siswa yang broken home di SMPN 2 Darul Imarah Aceh Besarâ€. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui tugas dan tanggung jawab guru , strategi yang dilakukan oleh guru dan keberhasilan guru dalam membina serta ingin mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mendidik siswa yang broken home di SMP Negeri 2 Darul Imarah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan field research (penelitiaan lapangan) dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tugas dan tanggung jawab guru yaitu meningkatkan pengawasan terhadap siswa dan memberikan sanksi jika terjadi kesalahan serta membimbing siswa. Adapun strategi guru yaitu menanamkan rasa disiplin terhadap siswa, memberikan pengawasan dan perlindungan terhadap siswa, meminta bantuan para ahli (psikolog atau petugas sosial) dan menghargai dan memuji usaha-usaha baik dari siswa serta memprogramkan belajar agar mendorong siswa untuk belajar. Keberhasilan guru dalam mendidik siswa yang broken home ialah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pembinaan guru, mengatasi kenakalan remaja dan meningkatkan motivasi anak dalam belajar serta siswa kembali merasa nyaman bersama orang tua dan lingkungan. Kendala yang dihadapi guru dalam mendidik siswa yang broken home ialah siswa menjadi frustasi, brutal dan susah diatur, siswa cenderung agresif atau hiper aktif, siswa jarang masuk sekolah dan malas belajar dan sikap siswa terhadap penyajian materi dan kurang kesadarn dari orang tua.

References

Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi remaja Petunjuk Bagi Guru dan orang Tua, Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teori Dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, H. (2006). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Pendidikan, Jakarta: Guna Darma.

Daryanto. (2005). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, N. (1990). Psikologi Pendidikan, Bandung: Raja Rosda Karya.

Sardiman. (2004). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi AKsara.

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajr Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Arisnaini, A., & Fadhilah, F. (2023). PERAN GURU DALAM MENDIDIK SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8059

Citation Check