Pengaruh E-WOM, Endorser Influencer, dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Live Streaming TikTok Di Kabupaten Boyolali

Authors

  • Charisma Octaviana Saputri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Andri Nurtantiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.12306

Abstract

The objective of this research is to examine the effects of E-WOM (electronic word-of-mouth), endorser influencer, and e-service quality variables on the decision-making process for online purchases during live streaming sessions on the TikTok platform. TikTok has gained immense popularity as a social media hub, especially for influencers to engage directly with their audience. The primary data for this research were gathered through the administration of a focused questionnaire survey. To active TikTok users involved in live streaming and making purchasing decisions. Purposive sampling, based on specific criteria, was employed to select 120 respondents. The research combines data collected directly through questionnaires and information obtained from a review of existing literature. The outcomes of the data analysis reveal that the variables of E-WOM, endorser influencer, and e-service quality significantly and positively influence decisions related to online purchases. Keywords : E-WOM, Endorser Influencer,,E-Service Quality, Online Purchases Decisions.

Author Biography

Charisma Octaviana Saputri, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Program Studi Manajemen

References

Afandi, dkk., (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272

Anjaswati, (2023). Pengaruh Brand Trust , E-wom , dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee di Solo Raya. Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i2

Badan Pusat Statistik Boyolali, 2023. Kabupaten Boyolali Dalam Angka Tahun 2023. Boyolali: Badan Pusat Statistik

Febriyantia & Dwijayanti, (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina ( Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya ). Jurnal Jempper, 1(2), 196–206.

Ferdiandinata, R. (2020). Pengaruh E-Service Quality dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online di Aplikasi Shopee. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Batanghari: Jambi.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Harisandi, P., Bangsa, U. P., Yahya, A., Bangsa, U. P., Risqiani, R., Trisakti, U., & Presiden, U. (2023). Peran harga dan citra merek dalam mediasi pengaruh e-word to mouth terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi tiktok. Mukadimah, 277–285. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i2.7232

Irhamna, C. A., & Dermawan, R. (2023). The Effect of E-Service Quality and E-Wom on Purchase Decisions Through the Tiktok Shop Application among College Students in Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(3), 677–686. https://doi.org/10.55927/ministal.v23.4742

Kholifiah, F. (2023). Pengaruh Social Media , Celebrity Endorsement dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran. 01(01), 11–20.

Nisya, A. (2023). Pengaruh Komunikasi Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online GFShop. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Nurtantiono, A., Marzuki, I., Kayohakicky, A. C., & Oktalina, M. (2021). Antara Persepsi Dan Pengaruh Lingkungan Terdekat, Faktor Penentu Konsumen Pada Pembelian Sepeda Motor “Honda.†Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02). https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2988

Octaviana, L. (2022). Pengaruh E-Service Quality, E-Trust, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Marketplace Shopee di Madiun. Skripsi. Program Studi Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara: Yogyakarta.

Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12056

Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Livestream Tiktok Shop). Amsir Management Journal, 3(2), 100–114. https://doi.org/10.56341/amj.v3i2.24

Rizki, A. Y. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Di Kota Dan Kabupaten Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(2).

Selviana, Y., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh Variabel Reputasi, Keamanan, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Solo di Shopee. MABHA Jurnal, 2(2), 63–73.

Setyowati, D., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Servce Quality Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Trust Sebagai vasriabel Mediasi (Studi pada Pengguna Situs BukaLapak di Kota Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 251–260. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26331

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, R&D. IKAPI.

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293

Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022). Pengaruh Brand Image , Daya Tarik Iklan , Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow ( Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang ). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 279–287. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/1108/

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles